Penjualan Mobil Grup Astra Naik 21 Persen, Dukung Percepatan Pemulihan Industri Otomotif

Suara.com – Berdasarkan data Gaikindo, pasar domestik PT Astra International Tbk sepanjang Agustus 2022 mengalami peningkatan penjualan.

Dikutip dari rilis Astra, sebagaimana diterima Suara.com, perusahaan yang memiliki 240 unit usaha termasuk sektor otomotif ini menyampaikan Data Penjualan Mobil Agustus 2022.

“Peningkatan penjualan mobil Nasional hingga Agustus 2022 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” papar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra.

Baca Juga:
Astra Revitalisasi Teras Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Manfaatkan Energi Terbarukan

“Kami berharap tren positif ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun sehingga dapat mempercepat pemulihan industri otomotif Indonesia,” lanjutnya.

Penjualan Toyota dan Lexus per Agustus 2022 mencapai 30.909 unit, sedangkan Daihatsu berhasil membukukan 15.339 unit. Dibandingkan dengan penjualan tahun lalu dalam periode yang sama, yaitu Agustus 2021, Toyota (tanpa brand Lexus) mencetak 29.978 unit, sedangkan Daihatsu berada di angka 14.408 unit. Artinya kisaran penambahan unit terjual beberapa brand Astra ini berada di rentang 1.000 unit.

Sementara total domestik mobil lansiran Grup Astra per Agustus 2022 mencapai 96.956 unit. Bandingkan dengan periode sama pada Agustus 2021 adalah 83.319 unit.

Sedangkan penjualan produk kategori Low Cost Green Car (LCGC) pada Agustus 2022 adalah 16.862 unit. Perolehan yang didapat dalam periode sama setahun lalu adalah 14.027 unit.

Baca Juga:
PT Astra Honda Motor Masih Pelajari Dampak Kenaikan BBM, Akankah Ada Penyesuaian Harga?

Lantas penjualan subtotal Astra untuk Agustus 2022 adalah 49.907 unit. Periode tahun sebelumnya 46.729 unit.

Astra market share per Agustus 2022 mencapai 51 persen, dan Astra LCGC market share 80 persen. Sedangkan periode yang sama tahun sebelumnya, market share Astra mencapai 56 persen, dengan Astra LCGC market share per Agustus 2021 berada di 87 persen.