Bola  

Jelang Lawan Curacao, Ini Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Wakil CONCACAF : Wallpaperspeed Bola

TIMNAS Indonesia akan melawan Timnas Curacao di FIFA Matchday September 2022. Jelang laga itu, menarik menilik rekor pertemuan Timnas Indonesia melawan wakil dari CONCACAF.

Sebagaimana diketahui, Timnas Curacao berada di zona CONCACAF (Konfederasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). Tim dari negara Kepulauan Karibia itu pun kini duduk di posisi ke-84 pada ranking FIFA.



Para pemain Timnas Indonesia

Tak ayal, Timnas Curacao jadi tim yang kuat untuk dihadapi Timnas Indonesia pada jeda internasional kali ini. Jika berhasil menang, Timnas Indonesia pun bisa mendongkrak posisi di ranking FIFA.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday September 2022: Shin Tae-yong Bikin Skuad Garuda Melesat?

Dalam FIFA Matchday September 2022 sendiri, Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- akan melakoni 2 laga melawan Timnas Curacao. Laga pertama akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 24 September 2022. Kemudian, laga kedua akan digelar di Stadion Pakansari pada 27 September 2022.

Jelang dihelatnya 2 laga itu, menarik menilik rekor pertemuan Timnas Indonesia melawan wakil dari CONCACAF. Sebab, meski ini jadi pertemuan pertama melawan Curacao, Timnas Indonesia sebelumnya sudah beberapa kali berhadapan dengan tim yang tergabung di CONCACAF.

BACA JUGA: Penyerang Timnas Curacao Ternyata Pernah Diajak Gabung Persib Bandung, Ini Buktinya!

Setidaknya, Timnas Indonesia sudah 4 kali bersua tim yang tergabung di CONCACAF. Keempat tim tersebut adalah Timnas Jamaika, Timnas Kuba, Timnas Puerto Rico, dan Timnas Guyana.

Hasilnya, Skuad Garuda pun bisa mengoleksi beberapa kemenangan. Namun, ada juga hasil minor yang harus dituai Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia vs Timnas Jamaika

Ada dua kemenangan yang sukses diraih Timnas Indonesia kala bersua wakil dari CONCACAF. Kemenangan pertama diraih kala melawan Timnas Jamaika. Laga yang digelar pada 2007 dalam FIFA Matchday itu dimenangkan Skuad Garuda dengan skor 2-1.

Kemenangan ini tentunya sangat berarti karena Timnas Jamaika duduk di posisi lebih baik dari Timnas Indonesia pada ranking FIFA. Mereka kala itu menempati posisi 97 di ranking FIFA, sementara Timnas Indonesia ada di urutan ke-133.

Timnas Indonesia vs Timnas Guyana

Kemudian, Timnas Indonesia kembali meraih hasil manis kala melawan wakil lain dari CONCACAF, yakni Timnas Guyana. Pertandingan ini dihelat pada 2017. Timnas Indonesia menang tipis dengan skor 2-1.

Ilija Spasojevic jadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia kala itu karena sukses menyumbangkan 2 gol. Kemenangan ini pun disambut suka cita, mengingat Timnas Guyana duduk di posisi lebih tinggi pada ranking FIFA ketimbang Timnas Indonesia. Kala itu, mereka ada di urutan ke-159, sementara Timnas Indoensia menempati posisi ke-162.

Timnas Indonesia vs Timnas Puerto Rico

Jika dua laga sebelumnya berakhir dengan kemenangan, kali ini Timnas Indonesia harus puas mendulang hasil imbang melawan Timnas Puerto Rico. Laga yang digelar pada 2017 itu juga berakhir dengan skor kacamata alias 0-0.

Timnas Indonesia

Hasil ini cukup disayangkan, mengingat posisi Timnas Puerto Rico di ranking FIFA kala itu ada di bawah Timnas Indonesia. Timnas Puerto Rico menempati urutan ke-166, 4 tempat di bawah Timnas Indonesia. Alhasil, Timnas Indonesia sejatinya diharapkan bisa meraih kemenangan.

Timnas Indonesia vs Timnas Kuba

Sementara itu, hasil minor harus diraih Timnas Indonesia kala bersua dengan Timnas Kuba. Pertemuan itu terjadi pada 2014.

Kala itu, Timnas Indonesia menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1. Skuad Timnas Indonesia sendiri masih ditangani oleh Alfred Riedl kala itu.

Kini, menarik menantikan penampilan Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao. Akankah Shin Tae-yong menambah panjang daftar kemenangan Timnas Indonesia kala bersua wakil CONCACAF, atau malah menambah deretan hasil minor?