Niat, Tata Cara, Doa Setelahnya

Suara.com – Sholat tolak bala yang erat disebut dengan tradisi Rebo Wekasan di kawasan Pulau Jawa merupakan tradisi yang dilakukan pada hari Rabu terakhir khusus di bulan Safar. Rebo Wekasan dipercaya sebagai hari keramat, sebab banyak bencana yang datang pada hari tersebut.

Pada tahun 2022, Rebo Wekasan jatuh pada hari Rabu, 21 September 2022. Oleh karena itu, beberapa warga Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah pesisir, seperti Bantul Yogyakarta, melaksanakan tradisi Rebo Wekasan. Di mana salah satu aktifitas dalam tradisi tersebut adalah melaksanakan sholat tolak bala Rebo Weksan.

Silahkan ketahui lebih lengkap niat sholat, tata cara sholat, waktu melakukan sholat, keutamaan, dan doa sholat tolak bala yang sebaiknya dibaca pada hari Rebo Wekasan. 

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Baca Juga:
Sholat Sunnah Lidaf’il Bala, Begini Niat dan Tata Cara Mengerjakannya saat Rebo Wekasan

Dilansir dari Nu.or.id, bahwa sholat Rebo Wekasan harus diniati sebagai sholat sunnah Muthlaqah atau sholat hajat.  Adapun niat sholat tolak bala rebo wekasan itu berbunyi sebagai berikut:

Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala

Artinya : Aku berniat shalat menghilangkan bala dua raka’at sunnat karena Allah SWT

Tata Cara Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 

Untuk melaksanakan sholat tolak bala, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga:
Doa Rebo Wekasan dan Artinya, Bacalah Hari Ini untuk Tolak Bala!

  1. Baca niat sholat bala tersebut di atas
  2. Pada rakaat pertama, baca surat al-fatihah dan surat al-kautsar sebanyak 
  3. Pada rakaat kedua, baca surat al-fatihah dan lanjutkan baca surat Al-Ikhlas 5x
  4. Pada rakaat selanjutnya, baca surat Al-fatihah, dilanjutkan dengan surat Al-Falaq 1x
  5. Pada rakaat terakhir, baca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan surat An-Nas 1x.

Waktu Melakukan Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 

Mengenai waktu melakukan sholat tolak bala Rebo Wekasan disesuaikan dengan kapan jatuhnya hari Rebo Wekasan di tahun 2022. Menilik pada kalender, hari Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 21 September 2022. Sementara itu, berdasarkan paparan Nu.or.id, pelaksanaan sholat tolak bala Rebo Wekasan harus diniatkan sebagai sholat hajat atau sholat mutlak sehingga hukum sholat Rebo Wekasan hukumnya boleh dilakukan.

Sementara persoalan waktu pelaksanaannya, sholat sunah mutlak atau solat hajat tidak dibatasi waktu, sebab, dan jumlah rakaatnya tidak terbatas. Oleh karenanya, pelaksanaan sholat bala Rebo Wekasan dapat dilakukan kapan saja, untuk menolak hal-hal yang dikhawatirkan. 

Keutamaan Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 

Sesuai dengan tujuannya, berikut keutamaan melaksanakan sholat tolak bala:

  1. Mendekatkan diri pada Allah SWT dan memohon pertolongan hanya kepadanya 
  2. Memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT dari segala penyakit adalah bukti bahwa kita selalu ingat akan keberadaanNYA dan tidak menyukutukannya
  3. Membuat hati kita senantiasa tenang karena sadar bahwa Allah SWT akan selalu bersama kita dan melindungi kita, apapun yang ditakdirkannya pada hidup kita, itu adalah yang terbaik dariNYA.
  4. Membuat kita senantiasa ingat pada pertolongan, kasih sayang Allah SWT dan malaikat-malaikatnya 
  5. Menjauhkan kita dari malapetaka termasuk benca alam dan kekejian manusia, karena hati dan pikiran kita selalu waspada sehingga kita dapat segera menghindar dari malapetaka tersebut

Doa Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan 

Setelah melakukan salam, mari lanjutkan baca doa sholat bala di bawah ini. 

Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya man lli ibaadihii yaghfiru wayarham. Yaa daafi’al bala’i yaa Allah wa yaa daafi’al bala’i yaa rahmaan wa yaa daafi’al balaa’i yaa rahiim.

Artinya: “Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan yang melapangkan kedudukan dan yang menghilangkan kesedihan,””Ya Allah Tuhan yang maha kasih sayang kepada hambanya, Ya Allah, Tuhan Yang menghindarkan bala,””Ya Allah Tuhan pengasih yang menolakkan bala, Ya Allah Tuhan yang maha penyayang yang menjauhkan bala, tolakan lah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran,”

Demikian itu paparan singkat tentang sholat tolak bala. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

Kontributor : Mutaya Saroh