Sholat Sunnah Lidaf’il Bala, Begini Niat dan Tata Cara Mengerjakannya saat Rebo Wekasan

Suara.com – Rebo Wekasan sebagai tradisi telah sejak lama dirayakan masyarakat di Indonesia. Umat Islam pun diperbolehkan turut serta dengan mendirikan sholat. Namun bukan sholat Rebo Wekasan, melainkan dengan sholat sunnah lidaf’il bala.

Apa itu sholat sunnah lidaf’il bala? Bagaimana bacaan niat dan tata cara mengerjakannya saat Rebo Wekasan? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Sholat Sunnah Lidaf’il Bala

Sholat Sunnah Lidaf’il Bala adalah sholat yang dilakukan ketika malam Rebo Wekasan atau hari Rabu terakhir bulan Safar. Tujuan sholat sunnah ini adalah meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam penderitaan, malapetaka, penyakit hingga musibah.

Baca Juga:
Doa Tolak Bala agar Dijauhkan dari Musibah dan Kejahatan, Lengkap dengan Artinya

Tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada hari ini 21 September 2022. Disebut dengan sholat sunnah lidaf’il bala karena dalam bacaan niatnya terkandung arti untuk menghilangkan bala (malapetaka atau kemalangan).

Sholat sunnah lidaf’il bala juga termasuk dalam sholat sunnah mutlaq sebab cara mengerjakannya tidak terikat oleh waktu. Pun tidak ada jumlah rakaat yang mengaturnya.

Sehingga sebenarnya sholat sunnah lidaf’il bala boleh dilakukan kapan pun, dimana pun, dengan jumlah rakaat berapa pun. Dengan catatan, tidak dilakukan pada waktu yang dilarang. Jadi boleh saja dilakukan saat Rebo Wekasan.

Akan tetapi, sholat sunnah lidaf’il bala juga bisa masuk kategori sholat hajat. Sebab shalat sunnah ini dilaksanakan karena memiliki keinginan atau hajat tertentu, yaitu hajat li daf’il makhuf (menolak hal-hal yang dikhawatirkan).

Niat Sholat Sunnah Lidaf’il Bala

Baca Juga:
320 Ribu Penderitaan di Rebo Wekasan, Ini Niat Sholat Tolak Bala dan Tata Cara untuk Mencegah Malapetaka

  • Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala
    Artinya : Aku berniat sholat menghilangkan bala dua rakaat sunnat karena Allah SWT

Anda juga bisa membaca niat sholat hajat untuk tolak bala berikut ini

  • Usholli sunnatal hajati rokatainii lillaahi ta’ala
    Artinya: Aku berniat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah SWT

Tata Cara Sholat Sunnah Lidaf’il Bala

Shalat sunnah lidaf’il bala dapat dikerjakan dengan empat rakaat dan dua kali salam. Berikut tata caranya:

  1. Baca niat sunnah lidaf’il bala
  2. Rakaat pertama membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Kautsar sebanyak 17x.
  3. Rakaat kedua, membaca surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas 5x.
  4. Rakaat ketiga membaca surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan dengan surat Al-Falaq sebanyak 1x.
  5. Lalu rakaat terakhir membaca surat Al-Fatihah dan surat An-Nas sebanyak 1x.

Setelah selesai sholat, diharap untuk membaca doa tolak bala sebagaimana diajarkan dalam agama Islam. Ada beberapa doa tolak bala yang dapat anda baca, berikut di antaranya.

Allaahumma innii a’uudzu bika minal barashi, wal junni, wal judzaami, wa sayyi’il asqaami.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari keburukan segala segala macam penyakit.” (HR Abu Daud nomor 1554 dan Ahmad).

Selain itu, doa selamat dan tolak bala lainnya juga bisa dibaca setiap saat. Berikut ini bacaannya:

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil’ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan ‘indal maut wamaghfiratan ba’dal maut allahumma hawwin’alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal’afwa indal hisaab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

Doa tolak bala ini diamalkan setiap hari setelah shalat atau kapan saja dan di mana saja. Termasuk ketika selesai sholat sunnah lidaf’il bala saat Rebo Wekasan.