5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berhenti di Lampu Merah : Wallpaperspeed Otomotif

BAGI pengendara sebaiknya mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat berhenti di lampu merah. 

Dalam aktivitas berkendara, hingga kini masih banyak pengendara yang menganggap sepele cara berhenti saat lampu merah.

Padahal, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan saat sedang berhenti di lampu merah. Hal ini dapat mencegah dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan saat berhenti di lampu merah? Untuk mengetahuinya, simak ulasan Okezone berikut ini.

Jaga jarak

Saat berhenti di lampu merah sebisa mungkin jaga jarak dengan kendaraan lain. Lantaran masih kerap ditemukan, terutama pengendara motor yang memaksa masuk secara padat di seluruh area pemberhentian.

Dengan menjaga jarak, pengendara memiliki sedikit ruang kosong. Apalagi terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ditabrak dari belakang, maka kendaraan di depannya masih sempat selamat.

Namun, jangan sampai memberhentikan kendaraan melewati batas dari lampu merah. Sebab sangat berisiko memicu kecelakaan lalu lintas.

infografis

Selalu perhatikan spion

Setelah menjaga jarak, pastikan pula untuk selalu perhatikan spion kendaraan. Hal ini agar mengetahui keadaan di belakangnya.

Dengan begitu mampu terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, seperti ditabrak dari belakang.

Jangan melakukan aktivitas lain

Meski sedang berhenti, jangan melakukan aktivitas lain sambil menunggu lampu hijau. Sebab, setiap pengendara harus tetap konsentrasi meski di lampu merah.

Konsentrasi tersebut biasanya buyar lantaran pengendara melakukan aktivitas lain, seperti bermain gadget. Tentu hal itu dapat menghambat pengendara lain untuk berjalan.

Jangan tidur di lampu merah

Tak jarang saat melakukan perjalanan jauh membuat seorang pengendara memanfaatkan waktu berhenti di lampu merah. Hal itu justru tidak diperbolehkan dan sangat berbahaya.

Sebab selain mengganggu pengendara lain saat lampu hijau menyala. Juga tidak mengetahui sesuatu yang tidak diinginkan, seperti tertabrak atau bahkan terjatuh.

Bunyikan klakson dengan bijak

Saat lampu merah pengendara boleh memanfaatkan klakson. Terlebih saat lampu merah memasuki lampu hijau, sah-sah saja untuk mengklakson kendaraan di depan agar segera bergerak maju.

Meski begitu, bukan berarti dapat menggunakannya secara semena-mena. Sebisa mungkin, bunyikan saat keadaan terdesak saja.