Jokowi Disebut Bakal Endorse Prabowo Di Pilpres 2024, Begini Analisa Politisi PDIP

Suara.com – Politisi PDIP Trimedya Panjaitan, turut memberikan komentar terkait isu Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut bakal mendukung atau mengendorse Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto maju di Pilpres 2024.

Trimedya menyebut, kekinian dinamika politik masih sangat cair. Menurutnya, Jokowi sudah menghitung peran apa yang bakal dimainkan di Pilpres 2024.

“Kita enggak tahu kalau politik ini kan masih cair semuanya. Menurut gue semua parpol bahkan Jokowi sudah mengkalkulasi peran apa yang dilakukan beliau,” kata Trimedya kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, jika peran yang diambil adalah menjadi King Maker, maka Jokowi akan melakukan endorse kepada figur tertentu.

Baca Juga:
Sekjen Gerindra: Kalau Betul Jokowi Endorse Prabowo di Pilpres 2024, Itu Support Tiada Tara

“Apakah king maker? Apakah soft landing dengan baik saja? Kalau dia mau king maker ya dia akan mengendorse,” katanya.

Sementara di sisi lain, saat ditanya apakah Jokowi sudah melakukan komunikasi ke PDIP terkait akan mengendorse Prabowo, Trimedya mengaku tak mengetahui.

Namun ia meyakini, Jokowi masih akan menghormati Megawati Soekarnoputeri selaku Ketua Umum DPP PDIP. Kebijakan diambil atas pendapat Megawati.

“Pasti komunikasi dengan ibu pasti ada. Jokowi saya yakin orang yang terus menempatkan ibu sebagai guru politik beliau. Sehingga apapun tindak beliau di dunia politik pasti dia mungkin nggak semua tapi mendengar pendapat ibu,” katanya.

Jokowi Endorse Prabowo

Baca Juga:
Prabowo Diam-diam Temui Menko Airlangga, Bahas Pilpres?

Presiden Jokowi tidak mau tergesa-gesa menyatakan pandemi di Indonesia telah berakhir pada Selasa (20/9/2022) di intu Gerbang Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. [Dok.Antara]
Presiden Jokowi tidak mau tergesa-gesa menyatakan pandemi di Indonesia telah berakhir pada Selasa (20/9/2022) di intu Gerbang Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. [Dok.Antara]

Untuk diketahui, salah satu media besar Singapura The Straits Times (ST) memberitakan soal arahan dukungan Jokowi untuk Pilpres 2024. Pemberitaan itu berjudul ‘Jokowi to decide presidential hopeful he’ll endorse, has no plans to run for V-P in 2024’.

Dalam isi pemberitaan disebut bahwa Prabowo merupakan salah satu figur yang dipertimbangkan secara serius oleh Jokowi untuk menerima dukungan untuk Pilpres 2024.

Adapun momen kebersamaan Jokowi bersama Prabowo terkahir terekam saat menyaksikan penyerahan 40 unit kendaraan bermotor dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Rabu (14/9/2022).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan bagian dari arahan Jokowi untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.