Doa Rebo Wekasan dan Artinya, Bacalah Hari Ini untuk Tolak Bala!

Suara.com – Banyak umat Muslim meyakini hari Rabu terakhir di bulan Safar atau disebut Rebo Wekasan menjadi hari diturunkannya penyakit dan bencana. Saat Rebo Wekasan ini, umat Muslim bisa membaca doa Rebo Wekasan.

Keyakinan turunnya banyak bencana pada hari Rebo Wekasan sudah diyakini sejak lama. Mereka meyakini tepat di hari Rebo Wekasan ada 320 ribu bala dan 20 ribu penyakit yang akan turun ke bumi.

Doa Rebo Wekasan atau doa tolak bala yang dipanjatkan bertujuan untuk menolak bala yang mungkin akan terjadi selama satu tahun ke depan. Meski demikian, doa ini harus dipanjatkan semata karena memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Berikut ini bacaan doa Rebo Wekasan yang bisa Anda amalkan tepat di hari Rebo Wekasan 2022 yang jatuh pada hari ini, Rabu, 21 September 2022.

Baca Juga:
Niat Sholat Hajat Tolak Bala Rebo Wekasan, Lengkap dengan Tata Cara

Doa Rebo Wekasan

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ’izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin.

Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim. Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

Artinya:

“Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga selawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Baca Juga:
Doa Setelah Tayamum Lengkap dengan Niat, Tata Cara dan Syaratnya

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Sebagai catatan, doa Rebo Wekasan harus dibaca dengan maksud meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari musibah dan penyakit.

Umat Muslim tidak dianjurkan untuk membaca doa ini dengan maksud khusus Rebo Wekasan karena hukumnya tidak sah. Dalam ajaran Islam, anjuran tersebut tidak ada.

Demikian penjelasan mengenai doa Rebo Wekasan atau doa tolak bala dan artinya. Semoga bermanfaat!