Niat Sholat Hajat Tolak Bala Rebo Wekasan, Lengkap dengan Tata Cara

Suara.com – Dalam bulan Safar, ada satu hari terakhir di bulan Safar yang diyakini sebagai hari turunnya penyakit dan bencana atau dikenal dengan nama Rebo Wekasan. Saat Rebo Wekasan, umat Muslim dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat tolak bala. Seperti apa bacaan niat dan tata cara melakukannya?

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika seorang Muslim memiliki keinginan atau hajat. Sholat ini bisa dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak sebanyak 12 rakaat.

Amalan sunnah ini bisa dikerjakan kapanpun, namun ada waktu utama untuk mengerjakannya yakni mulai dari setelah sholat subuh hingga matahari terbit dan setelah waktu ashar hingga matahari terbenam.

Saat Rebo Wekasan, umat Muslim bisa mendirikan sholat hajat dan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala penyakit dan bencana yang terjadi selama setahun ke depan.

Baca Juga:
Doa Setelah Tayamum Lengkap dengan Niat, Tata Cara dan Syaratnya

Berikut ini Suara.com merangkum mengenai sholat hajat, mulai dari bacaan niat, tata cara, hingga doa setelah sholat yang dianjurkan dibaca.

Niat Sholat Hajat

Sebelum mengerjakan sholat hajat, seorang Muslim bisa membaca niat terlebih dahulu. Bacaan niat sholat hajat berbeda dengan niat sholat lain, yakni sebagai berikut.

Ushalli sunnatal hjati rak‘ataini ad’an lillhi ta‘la.

Artinya, “Aku menyengaja shalat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT.”

Baca Juga:
Doa Tolak Bala agar Dijauhkan dari Musibah dan Kejahatan, Lengkap dengan Artinya

Tata Cara Sholat Hajat

Setelah membaca niat sholat hajat, lanjutkan dengan melakukan gerakan sholat seperti gerakan sholat pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara lengkapnya.

  1. Membaca niat sholat hajat
  2. Takbiratul ihram dan membaca doa Iftitah
  3. Membaca Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan membaca surat pendek Al-Quran (disarankan membaca Ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas
  4. Ruku’ dan membaca doanya
  5. I’tidal dan membaca doanya
  6. Sujud dan membaca doanya
  7. Duduk diantara dua sujud dan membaca doanya
  8. Sujud kedua dan membaca doanya
  9. Kemudian berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua sebagaimana tata caranya sama seperti rakaat pertama
  10. Duduk tasyahud akhir dan membaca doanya
  11. Salam

Doa Setelah Sholat Hajat

Selesai mengerjakan sholat hajat, seorang Muslim bisa duduk sebentar di atas sajadah untuk membaca doa dan dzikir. Berikut ini bacaan dzikir dan doa setelah sholat hajat beserta artinya.

Dzikir Sholat Hajat

  • Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim (10 kali sambil sujud).
  • Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad (10 kali).
  • Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar.

Doa Sholat Hajat

“Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.”

Artinya: Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bacaan niat, tata cara, hingga doa setelah sholat hajat tolak bala Rebo Wekasan. Semoga bermanfaat!