Tekno  

Arab Saudi Beli Sepasang Kursi Astronaut SpaceX dari Axiom

Suara.com – Arab Saudi berencana untuk meluncurkan dua astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di atas kapsul ruang angkasa dari SpaceX milik Elon Musk.

Keberadaannya menjadi negara Teluk terbaru yang memperkuat hubungan dengan perusahaan ruang angkasa swasta AS.

Sebuah sumber sebagaimana melansir laman Channel News Asia, Rabu (21/9/2022), berbicara secara anonim untuk membahas kru misi sebelum pengumuman resminya, mengatakan kesepakatan itu ditandatangani secara pribadi awal tahun ini dengan Houston’s Axiom Space, yang mengatur dan mengelola misi pribadi ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa AS untuk peneliti dan turis.

Berdasarkan kesepakatan itu, dua astronaut Saudi akan mengendarai kapsul SpaceX’s Crew Dragon ke stasiun luar angkasa, selama kurang lebih seminggu awal tahun depan, kata sumber tersebut.

Baca Juga:
SpaceX Kirim Misi ke Bulan pertama Korsel

Saudi akan menjadi yang pertama dari negara mereka untuk pergi ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa pribadi.

Aksioma tidak segera berkomentar. Pejabat dengan Komisi Luar Angkasa Saudi, badan antariksa Riyadh yang didirikan pada 2018, tidak dapat dimintai komentar.

Stasiun luar angkasa Internasional (ISS). [NASA]
Stasiun luar angkasa Internasional (ISS). [NASA]

Perusahaan swasta AS semakin memainkan peran kunci dalam mengirim astronaut ke stasiun luar angkasa.

Pasalnya, National Aeronautics and Space Administration, badan antariksa AS yang sekarang sangat berfokus mengembalikan manusia ke Bulan, berupaya mengkomersialkan penerbangan antariksa manusia yang berusia puluhan tahun di Amerika Serikat.

Para astronaut Saudi akan bergabung dengan dua orang Amerika yang diumumkan sebelumnya, pensiunan astronaut NASA Peggy Whitson dan pengemudi mobil balap dan investor John Shoffner, kata sumber tersebut.

Baca Juga:
Sampah Luar Angkasa SpaceX Ditemukan di Australia

Misi yang disebut Ax-2, akan menjadi penerbangan luar angkasa kedua yang diatur oleh Axiom.