Pemimpin Finlandia dan Swedia Terima Penghargaan Warga Global

Para pemimpin Finlandia dan Swedia, Senin (19/9), dianugerahi Penghargaan Warga Global yang diberikan oleh Dewan Atlantik di Kota New York.

Presiden Finlandia Sauli Niinistö, yang tidak dapat hadir secara langsung tetapi mengirim pesan video, mengatakan bahwa sangat penting untuk bekerja sama.

”Ya, Eropa membutuhkan Amerika, tetapi Amerika juga membutuhkan Eropa. Sementara dunia tumbuh semakin tidak aman dan terpecah, sangat penting bagi kita untuk semakin dekat,” katanya.

Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson, juga menerima penghargaan. Sewaktu menteri luar negerinya, Ann Linde, menerima penghargaan itu, dia mengecam Rusia.

”Bagi Swedia, agresi Rusia terhadap tetangga yang berdaulat dan demokratis adalah momen yang menentukan. Keputusan kami untuk mengajukan keanggotaan NATO menandai berakhirnya lebih dari 200 tahun netralitas dan nonblok,” kata Andersson.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai serta aktor pemenang Academy Award dan aktivis kemanusiaan Forest Whitaker juga menerima penghargaan itu.

Niinisto dan Andersson diberi penghargaan itu atas keputusan bersejarah negara mereka untuk bergabung dengan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Acara tahun ini juga menampilkan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II dan Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang dan penerima Global Citizen Award 2016. [ka/uh]