Kontainer Terguling, Pekerjaan Tembok Perbatasan Arizona Tertunda

Upaya Gubernur Arizona Doug Ducey menggunakan kontainer untuk menutup celah selebar hampir 305 meter di tembok perbatasan Amerika-Meksiko dekat Yuma, Arizona, mengalami kemunduran ketika dua kontainer yang ditumpuk terguling.

Claudia Ramos, koresponden untuk platform digital Univision Noticias di Arizona, mengunggah foto di akun Twitter-nya. Foto itu diambil Senin pagi, menunjukkan kontainer yang jatuh ke samping. Dia mengatakan kontainer itu jatuh di sisi perbatasan Amerika.

Tidak ada saksi mata yang mengatakan apa yang terjadi pada Minggu malam.

Sepasang kontainer yang ditumpuk itu diperbaiki pada Senin pagi.

Pejabat di kantor Ducey mengatakan tumpukan kontainer itu untuk mencegah migran menerobos masuk ke Amerika. Tindakan diambil setelah janji-janji berulang pemerintahan Biden untuk menutup celah itu tidak dipenuhi.

Pejabat federal belum mengomentari tindakan negara bagian itu di tanah federal, yang diambil tanpa izin. Kontraktor negara bagian mulai memindahkan dan menumpuk kontainer itu, dengan panjang 18,2 meter dan tinggi 2,7 meter, pada Jumat pagi. Dua celah 305 meter lainnya juga akan ditutup. Di atas kontainer akan dipasang kawat silet setinggi 1,2 meter. [ka/ah]