Tekno  

Menkominfo bagikan peran penting komunikasi radio dalam Kemerdekaan RI

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membagikan kisah sejarah peranan penting komunikasi melalui radio dalam mempertahankan kedaulatan dan Kemerdekaan Indonesia di masa perjuangan.

Hal itu disampaikan dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Kantor Kementerian Kominfo.

“Tanpa peranan radio sebagai media komunikasi pada masa itu, kemerdekaan Indonesia tidak dapat secara efektif disebarluaskan kepada masyarakat baik di dalam negeri maupun di luar negeri. (Hal itu) menjadi kunci bagi justifikasi kedaulatan Indonesia di mata dunia,” kata Johnny dalam siaran persnya, Rabu.

Baca juga: Menkominfo minta peningkatan kualitas produk UMKM di Labuan Bajo

Ia mengungkapkan kekuatan teknologi radio membantu penyebaran informasi agar seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke mengetahui bahwa Indonesia sudah resmi merdeka ketika proklamasi dibacakan.

Kala itu penggunaan komunikasi dengan radio awalnya dikuasai oleh Jepang yang menduduki Indonesia pada 1945.

Namun dengan kegigihan para pejuang mereka bisa menguasai Radio Hoso Kyoku di Jakarta.

Lewat radio itu akhirnya kabar aksi yang dilakukan Proklamator Bangsa bisa tersebar luas.

Sejarah pun tercipta dan membuat informasi Kemerdekaan RI bisa tersebar dan berkumandang bahkan sampai ke luar negeri seperti Amerika Serikat.

“Sejarah mencatat bahwa pascapembacaan teks proklamasi, penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dikumandangkan secara luas di Jakarta dan berbagai penjuru negeri,” katanya.

Karenanya Johnny mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menghargai dan mengingat sejarah itu sebagai cara menjaga semangat nasionalisme bangsa.

Dengan memahami sejarah tersebut tentunya masyarakat akan terbantu untuk memahami semangat para pejuang dan pahlawan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia sehingga baik perspektif, pemikiran, dan sikap positifnya dapat tetap dijaga dan dipertahankan hingga generasi di masa depan.

Acara peringatan Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Kementerian Kominfo berlangsung secara hibrida.

Seluruh pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama hadir secara langsung di Kantor Kementerian Kominfo, sementara sivitas Kementerian Kominfo mengikuti lewat konferensi video.

Baca juga: Langkah Kominfo tingkatkan konektivitas internet di Pulau Rinca

Baca juga: Menkominfo ingin festival Labuan Bajo beri pengalaman wisata spiritual

Baca juga: Menkominfo minta pemda siapkan SDM lokal untuk majukan pariwisata

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022