Erick Thohir Pakai Baju Adat NTT Meskipun Keturunan Lampung dan Jabar Saat Hadiri Upacara HUT ke-77 RI, Kenapa?

Suara.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggunakan baju adat khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). Baju adat dari NTT dipilih Erick sebagai bentuk apresiasi kebudayaan dari suku lain.

Sebabnya, Erick mengaku keturunan Lampung dan Jawa Barat. Namun ia memutuskan untuk mengenakan baku adat dari suku lain.

“Kita Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, perbedaan adalah sebuah kekuatan walaupun saya setengah Lampung, setengah Jawa Barat, saya apresiasi kebudayaan suku-suku lain,” kata Erick ditemui usai upacara.

Kemudian, Erick memutuskan untuk mengenakan pakaian adat khas NTT karena menggambarkan kewibawaan dan kepercayaan. Hal itu selaras dengan Indonesia yang dipercayai menjadi Presidensi G20 pada 2022 ini.

Baca Juga:
Momen Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Tampil Serasi Hadiri Upacara HUT RI ke-77

“Cocoklah Indonesia yang dipercaya dan berwibawa, itu yang coba kita simbol sampaikan lewat G20,” ucapnya.

Selanjutnya, Erick melihat makna kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun saat ini menjadi wujud dari Indonesia yang tahan banting. Ketika ada masalah politik maupun dilanda krisis moneter 1998 hingga pandemi Covid-19 sejak 2020, Indonesia bisa melewatinya.

“Itulah kekuatan bangsa kita, gotong royong kita kebersamaan kita bagaimana kita selalu saling asih, saling asuh supaya kita menjadi yang terbaik.”