Momen Kemerdekaan ke-77 RI, AHY Ajak Semua Pihak Rawat Persatuan, Demokrasi hingga Kebangkitan Ekonomi

Suara.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaknai peringatan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum untuk merawat persatuan, demokrasi, dan kebangkitan ekonomi.

AHY mengatakan, bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Menurutnya, Indonesia bukan lahir dari pemberian kolonial tapi dibangun di atas pemikiran-pemikiran besar dan langkah-langkah besar.

“Negara ini juga telah melalui sejarah panjang. Meski diguncang oleh berbagai macam pergolakan hingga benturan ideologi, baik yang kanan maupun kiri, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Indonesia tetap tak tergoyahkan. Indonesia lahir dan tetap mampu berdiri tegak karena komitmen kita untuk merawat persatuan bangsa,” kata AHY dalam keterangannya dikutip Rabu (17/8/2022).

Ia menambahkan, momentum kemerdekaan RI ke 77 ini juga harus menjadi momentum sebagai bangsa untuk kembali meneguhkan komitmen merawat persatuan bangsa.

Baca Juga:
Presiden AS Joe Biden: Selamat HUT Kemerdekaan untuk Jokowi dan Rakyat Indonesia

“Komitmen persatuan perlu kita wujudkan dalam ikhtiar dengan terus mengokohkan persatuan, melawan pandemi, merawat demokrasi, dan mengoptimalkan momentum kebangkitan ekonomi,” ungkapnya.

Terkahir, AHY menyampaikan, sebagai sebuah bangsa semua pihak harus berkomitmen, terutama untuk mewujudkan Indonesia yang semakin aman dan damai, semakin adil dan sejahtera, serta semakin maju dan mendunia.

“Itulah visi besar kebangsaan kita. Perbedaan tidak menjadi halangan bagi kita untuk mewujudkan visi besar ini. Kita harus bersatu. Dengan persatuan, energi kita akan dilipatgandakan, untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa,” tandasnya.