4 Lalapan Penurun Asam Urat, Enak dan Menyehatkan Lho!

loading…

Sedikitnya ada empat lalapan penurun asam urat yang perlu diketahui. Salah satunya timun. Foto DOK SINDOnews

JAKARTA – Sedikitnya ada empat lalapan penurun asam urat yang perlu diketahui. Mayo Clinic menyebut bahwa asam urat merupakan bentuk kompleks dari radang sendi yang bisa menyerang seseorang.

Dalam tanda-tandanya, asam urat muncul dengan serangan nyeri secara tiba-tiba. Selain itu, sendi yang terkena pun akan terasa panas bahkan bengkak. Sebagai bentuk pencegahan , ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan asam urat . Salah satunya dalam bentuk lalapan yang biasa dihidangkan sebagai pelengkap makanan.

Baca juga : Asam Urat Kambuh? Begini Cara Mengobatinya

Berikut empat lalapan penurun asam urat yang perlu diketahui :

1. Timun

Berbicara tentang lalapan, timun menjadi salah satu lalapan paling favorit dari berbagai kalangan. Jenis lalapan ini hampir selalu ada di setiap hidangan yang disajikan di meja makan.

Dalam manfaatnya, timun memiliki kandungan yang baik untuk penderita asam urat. Dikutip dari Times of India, jenis lalapan seperti timun memiliki sifat basa yang membantu untuk menjaga kadar asam urat dalam aliran darah.

Selain itu, timun juga memiliki kandungan serat tinggi, sehingga bisa membantu mengeluarkan kandungan asam urat dalam tubuh.

2. Wortel

Wortel juga kerap disajikan sebagai bentuk pelengkap atau lalapan makanan. Kandungan di dalam wortel memiliki sederet manfaat bagi tubuh, termasuk salah membantu menurunkan asam urat.