Curi Perhatian, Ini Detail Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT ke-77 RI

loading…

Presiden Jokowi selalu berhasil mencuri perhatian di tiap peringatan HUT Kemerdekaan RI. Pada 2022 ini, Jokowi mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA – Presiden Jokowi selalu berhasil mencuri perhatian di tiap peringatan HUT Kemerdekaan RI . Pada 2022 ini, Jokowi mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara.

Pakaian tersebut berwarna merah terang dengan detail embroidery silver yang menghiasi bagian body. Peci merahnya pun cukup menarik dilihat, terlebih ada motif di bagian tengah.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung, Ini Maknanya

Curi Perhatian, Ini Detail Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT ke-77 RI

Jowoki bersama cucunya. Foto/MPI

Bisa dijelaskan detail pakaian yang dikenakan Jokowi, untuk inner-nya Jokowi mengenakan semacam kemeja etnik berwarna silver full embroidery. Ia padukan dengan jas merah yang indah sekali.

Tak lupa di sana ditambahkan kain seperti sarung berwarna hitam putih yang dikenakan serupa dengan pria Melayu dengan kain songketnya. Sementara untuk celana, Presiden memakai satu set dengan outer yang dikenakan.

Jika diperhatikan detailnya, ada semacam senjata yang diselipkan di sisi kiri tubuh Jokowi sebagai bagian dari aksesori pakaian. Tongkat hitam dengan ujung emas menyempurnakan gayanya bak raja.

Baca Juga: Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Sementara itu, terlihat di belakangnya Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian senada dengan sang suami, tapi dengan warna berbeda. Ya, Iriana mengenakan pakaian adat berwarna ungu. Embroidery yang ada di pakaian tersebut berwarna emas, tampak begitu elegan.

Luar biasanya, Iriana Jokowi mengenakan headpiece superbesar dan tinggi yang sepertinya terbuat dari emas. Wastra Nusantara terlihat sangat indah menyempurnakan gaya tampilannya. Untuk alas kaki, Iriana Jokowi mengandalkan sandal Hermes.

(tsa)