Tekno  

McEasy luncurkan aplikasi manajemen transportasi versi “mobile”

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan rintisan (startup) penyedia solusi digital McEasy meluncurkan aplikasi Transportation Management System (TMS) Mobile untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar bisa naik kelas.

Co-Founder McEasy Raymond Sutjiono mengatakan bahwa sejak pertama kali diluncurkan, Transportation Management System (TMS) McEasy telah terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administratif operasional mitra hingga 60 persen.

“Berdasarkan data ini, kami akhirnya meluncurkan aplikasi TMS Mobile agar solusi teknologi ini tidak hanya dapat diakses lewat laptop atau komputer desktop tapi juga lewat perangkat bergerak, seperti ponsel dan tablet,” kata Raymond dikutip melalui siaran pers, Rabu.

Baca juga: Startup McEasy dapat pendanaan putaran awal 1,5 juta dolar AS

Menurut Raymond, karakter utama penggiat UKM logistik dan transportasi Indonesia adalah dinamis dan anti ribet. Untuk itu, penggunaan perangkat komputer seperti laptop dan desktop kadang membatasi produktivitas mereka.

Hal tersebut dibenarkan oleh Inggit, Sales Analyst PT Bintang Harapan Makmur. Menurutnya, perusahaannya sangat membutuhkan teknologi yang memudahkan dalam melakukan pelacakan armada.

“Kami memiliki 10 armada, tidak terlalu banyak. Karenanya, awalnya kami bertahan menggunakan sistem pencatatan dan manual. Tetapi seiring berkembangnya bisnis, ketika pengiriman sudah mencakup seluruh Jawa Tengah dan Jawa Barat, kami mulai merasa membutuhkan teknologi untuk dapat melakukan pelacakan armada dan menjatuhkan pilihan pada Transportation Management System McEasy,” kata Inggit.

“Untuk melakukan pengecekan lokasi armada, kami tidak perlu repot menelpon supir. Bukti pengiriman barang di tempat yang direkam secara digital juga memudahkan operasional,” lanjutnya.

Oleh karena itu, melalui TMS Mobile, proses perencanaan, pemantauan, alokasi, pengiriman dan monitoring order hingga pengecekan uang jalan sopir dan status bahan bakar kendaraan dapat dilakukan lewat ponsel.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 80.000 per kendaraan per bulan, McEasy menawarkan bundle aplikasi TMS mobile, TMS dan Smart Driver App yang dikembangkan sesuai dengan dinamika ekosistem transportasi dan logistik di Indonesia

Selain menawarkan TMS, McEasy juga memiliki produk unggulan lainnya, yaitu Vehicle Smart Management System (VSMS). Baru-baru ini, McEasy dan SMESCO mengadakan program digitalisasi armada operasional UKM dengan membagikan 100 unit perangkat VSMS.

Dengan penggunaan perangkat ini, pelaku UKM nantinya bisa memantau, melacak, dan memperoleh data dari armada operasional kamu secara real-time selama 24 jam.

Jika ingin mencoba perangkat manajemen transportasi tersebut, Anda dapat mengunjungi booth McEasy di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Baca juga: McEasy kantongi pendanaan seri A

Baca juga: McEasy dukung percepatan digitalisasi logistik dan transportasi

Baca juga: McEasy luncurkan fitur “Driving Behaviour”, cegah tilang elektronik

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022