Regulator AS Setujui Alat Bantu Dengar yang Dijual Bebas

Jutaan orang Amerika akan bisa membeli alat bantu dengar tanpa resep pada musim gugur ini, berdasar aturan yang telah lama ditunggu-tunggu yang tuntas pada Selasa (16/8).

Peraturan itu menciptakan kelas baru alat bantu dengar yang tidak memerlukan pemeriksaan medis, resep dan evaluasi khusus lain, kata Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA). Badan itu berharap, keputusan itu akan meningkatkan persaingan dan akhirnya menurunkan harga. Alat itu akan dijual secara online atau di apotek dan toko ritel lainnya.

Alat ini untuk orang dewasa dengan masalah pendengaran ringan hingga sedang. FDA memperkirakan bahwa hampir 30 juta orang dewasa mungkin mendapat manfaat dari alat bantu dengar, meskipun hanya sekitar seperlima orang dengan masalah pendengaran yang saat ini menggunakannya.

“Tindakan FDA ini merupakan tonggak penting dalam membuat alat bantu dengar lebih murah dan mudah didapat,” kata Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Xavier Becerra, Selasa, kepada wartawan.

FDA pertama kali mengusulkan aturan itu tahun lalu dan akan mulai berlaku pada pertengahan Oktober. Langkah ini diambil setelah tekanan bertahun-tahun dari pakar medis dan advokat konsumen untuk membuat alat yang lebih murah dan lebih mudah didapat. [ka/ah]