Inspirasi lima aktivitas menarik rayakan HUT ke-77 RI

Jakarta (ANTARA) – Tepat pada hari ini semua masyarakat di Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 dengan beragam kegiatan.

Mulai dari mengikuti upacara, pemasangan bendera, hingga melakukan nonton bareng film bertemakan patriotisme untuk bisa memaknai momentum penting ini.

Namun sebenarnya tak perlu cara sulit dan justru kegiatan-kegiatan sederhana bisa anda lakukan untuk memakani perjuangan para pahlawan mewujudkan Kemerdekaan dan persatuan Indonesia.

Contohnya seperti lima aktivitas menarik yang bisa anda lakukan berikut ini mengutip dari siaran pers IKEA, Rabu.

Baca juga: PUBG Mobile bikin perlombaan 17 Agustusan meriahkan HUT RI

Baca juga: HUT RI, Blibli ajak masyarakat beli produk lokal

Cintai dan gunakan produk lokal

Sebagai warga Indonesia, sudah sepatutnya kita mencintai dan menggunakan produk lokal. Kini, produk buatan lokal semakin berkualitas sehingga tak kalah saing dengan produk buatan asing.

Dengan menggunakan produk buatan lokal, kamu juga telah membantu menyejahterakan kehidupan para pengrajin dan usaha lokal.

Dalam skala besar, dengan meningkatnya penggunaan produk lokal, maka perekonomian Indonesia juga akan semakin berkembang.

Banyak produk IKEA yang dibuat di Indonesia dengan menggunakan kualitas dan standar Swedia yang dipasarkan di gerai IKEA di penjuru dunia.

Rangkaian produk buatan Indonesia itu menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi komunitas masyarakat sekitar serta lingkungan.

Anda juga bisa menjadikan beberapa produk IKEA buatan anak bangsa ini untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan di rumah anda.

Beberapa produk IKEA yang dibuat di Indonesia adalah bantal merah khas IKEA berbentuk hati FAMNIG HJÄRTA, papan lukis MÅLA, dan NYKIL, sofa serbaguna yang dapat kamu

ubah menjadi tempat tidur.

Menikmati kuliner khas Indonesia

Indonesia dikenal di mata dunia juga sebagai salah satu surganya wisata kuliner.

Berbagai hidangan dari setiap daerah dari Sabang sampai Merauke siap memanjakan lidah.

Perpaduan berbagai rempah dan bumbu menjadi salah satu ciri khas hidangan dari Indonesia, membuatnya kaya akan rasa.

Tak heran, kuliner khas Indonesia bukan hanya digemari penduduk lokal, tapi juga masyarakat asing.

Beberapa hidangan Indonesia yang banyak dikenal di kancah internasional adalah rendang, nasi goreng, dan sate.

Anda pun bisa merayakan momen kemerdekaan ini untuk bisa mencicipi kenikmatan kuliner-kuliner di Indonesia, bahkan jika anda melakukannya bersama keluarga, maka anda bisa bersama-sama belajar mengenal lebih dalam kuliner khas Indonesia.

Mengunjungi tempat bersejarah

Mengunjungi tempat bersejarah dapat menjadi opsi mengasyikan dalam merayakan bulan Kemerdekaan.

Tak hanya sekedar berlibur, destinasi bersejarah menawarkan sensasi tersendiri di mana kamu bisa mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang sejarah Indonesia dan para pahlawan di masa lalu.

Terdapat banyak tempat bersejarah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Maka, semakin banyak lokasi yang kamu kunjungi, semakin banyak pula sejarah dan informasi yang dapat kamu pelajari. Dengan demikian, kita dapat lebih menghargai perjuangan para

pahlawan sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme.

Berkumpul dan rayakan Hari Kemerdekaan bersama keluarga

Bulan Kemerdekaan kerap menjadi ajang berkumpul bagi sanak saudara. Hal ini sejalan dengan identitas bangsa Indonesia yang dikenal dengan keramahan serta kekeluargaannya.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama guna mempererat kekerabatan, mulai dari makan bersama, menonton film, lomba 17-an di rumah, maupun sekadar berbincang.

Jika perayaan Hari Kemerdekaan tersebut turut dihadiri oleh anak-anak, maka kamu dapat menggelar permainan seru seperti engklek dengan menggunakan kapur warna warni, MÅLA.

Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat memperkenalkan anak-anak kepada permainan tradisional Indonesia.

Namun, jika perayaan dilakukan hanya dengan makan-makan, kamu dapat menyajikan berbagai hidangan berkuah khas Indonesia dengan menggunakan mangkuk putih elegan, UPPLAGA.

Eratkan kekerabatan dengan lomba 17 Agustus

Perayaan peringatan Kemerdekaan Indonesia identik dengan kegiatan perlombaan.

Tak hanya anak muda, terdapat berbagai perlombaan yang dapat diikuti orang dewasa seperti panjat pinang, balap karung, dan lomba makan kerupuk.

Lomba yang umumnya diadakan satu kali setahun ini dapat menjadi ajang berkumpul serta dapat menjalin hubungan baik antar warga.

IKEA juga ikut ambil bagian dalam hal ini dan menggelar perlombaan 17-an untuk anak-anak di salah satu gerainya yakni IKEA Mal Taman Anggrek.

Lomba ini dibagi ke dalam dua sesi yakni pukul 13.00-14.30 WIB serta pukul 16.00-17.30 WIB.

Akan ada hadiah menarik bagi anda yang mengikuti kegiatan lomba ini.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, anda dapat menjunjung nilai-nilai tinggi yang diterapkan pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Dengan langkah kecil, semangat 45, dan gotong royong yang kuat, maka Indonesia akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Cara Karina Salim & Atiqah Hasiholan ajarkan makna kemerdekaan

Baca juga: Indy Barends rindu rayakan HUT RI dengan kegiatan seru bareng keluarga

Baca juga: Indy Barends tanamkan nilai toleransi untuk isi kemerdekaan RI

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022