Tekno  

APL resmikan fasilitas solar panel kedua di Medan

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan penyedia jasa layanan bidang kesehatan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) meresmikan solar panel kedua di Kota Medan, Sumatera Utara.

Solar panel yang dipasang di salah satu cabang APL Kota Medan itu diharapkan dapat mendorong gaya hidup ramah lingkungan karena perangkat tersebut mampu menghasilkan energi lebih dari 100.000 kWh dan mengurangi 63,5-ton emisi karbon per tahun

“Oleh karena itu, kami berupaya untuk turut berperan aktif dalam membantu mengurangi dampak buruk di lingkungan melalui program-program sustainability. APL memiliki tim khusus dan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan kita melalui inisiatif-inisiatif lainnya.” Ungkap Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari dalam siaran resmi, Kamis.

Baca juga: PLN garap ladang panel surya seluas 1,46 hektare di Sulawesi Selatan

Penempatan solar panel dilakukan berbarengan dengan peluncuran program Rumah Sampah yang bekerja sama dengan Gerakan Sedekah Sampah hasil inisiasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang.

Sebanyak kurang lebih 100 kg sampah akan didaur ulang per bulan, atau setara 648 kg pengurangan karbon emisi per tahun. Kedua program itu merupakan bentuk komitmen keseriusan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) dalam mendukung program Sustainability APL, khususnya pada Pilar “Respecting Environment.”

Untuk menjalankan program itu, APL berkolaborasi dengan PT Vastland Indonesia sebagai pemilik Gedung dan PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar) terkait dengan pemasangan panel surya yang sesuai standard.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada APL, sebagai distributor farmasi pertama di kota Medan, yang telah mendukung inisiatif hijau di antara perusahaan-perusahaan di Kota Medan. Kami akan berkomitmen untuk mengoperasikan solar panel dengan baik melalui teknologi yang terdepan.” Vicky Gunawan, Direktur PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar)

H. Rajali selaku Kepala Dinas ESDM, Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi komitmen APL dalam meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Kami mendukung langkah APL untuk mengurangi pemakaian energi dan mendukung sumber energi terbarukan. Hal ini perlu dicontoh untuk pelaku industri lainnya agar kita sama-sama dapat menjaga alam sekitar dan lingkungan,” kata dia.

Artini S. Marpaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Provinsi Sumatera Utara, menambahkan “Kami mengapresiasi gerakan Rumah Sampah yang dilakukan oleh APL melalui program Sustainability-nya. Kami berharap kerjasama ini dapat terus dibangun sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan hidup”

Selain di Medan, APL juga telah memasang PLTS Atap atau Panel Surya di National Distribution Center, Cikarang pada April 2022.

Baca juga: Dukung transisi energi, Suryanesia tawarkan rental panel surya

Baca juga: PJB bangun 20 titik atap panel surya dukung pelaksanaan G20 di Bali

Baca juga: AS akan mempertimbangkan tarif panel surya buatan Asia Tenggara

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022