Bola  

Babak Pertama Berakhir, Chelsea Unggul 1-0 atas Everton : Wallpaperspeed Bola

LIVERPOOL – Chelsea mengakhiri babak pertama laga kontra Everton dengan keunggulan 1-0 di pertandingan perdana Liga Inggris 2022-2023, pada Minggu (7/8/2022) dini hari WIB. Bermain di Goodison Park, Chelsea yang berstatus tim tamu dapat mendominasi jalannya pertandingan dan banyak memiliki peluang untuk menciptakan gol.

Kendati demikian, pertahanan Everton masih sangat rapat sehingga Raheem Sterling dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol. Beruntung di menit-menit akhir babak pertama The Blues mendapatkan penalti usai pemain Everton, Abdoulaye Doucoure melanggar Ben Chilwell di kotak terlarang.



Jorginho yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti itu pun mampu melakukan tugasnya dengan baik di menit 45+9.. Alhasil, Chelsea menutup babak pertama dengan unggul 1-0 atas tim tuan rumah.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Everton vs Chelsea

Chelsea tampil menekan sejak awal babak pertama. Mereka melakukan pressing ketat yang membuat Everton cukup keteteran.

Tujuh menit laga berjalan, Kai Havertz nyaris membobol gawang Everton. Namun, tandukan pemain asal Jerman yang menyambut crossing Reece James itu mengarah tepat ke pelukan Jordan Pickford.

Pada menit 19, The Blues kembali mendapat peluang matang. Mason Mount berdiri bebas di dalam kotak penalti usai menerima umpan terobosan Raheem Sterling. Sayangnya, tendangan Mount yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang bisa ditepis oleh Pickford.

Tak mau kalah, enam menit kemudian The Toffees –julukan Everto- gantian mengancam pertahanan tim tamu. Mereka pun hampir mendapatkan gol jika tandukan James Tarkowski yang menyambut umpan silang Vitalii Mykolenko tak diselamatkan oleh Edouard Mendy.

Pada menit 28, tim tuan rumah kembali menebar ancaman lewat tandukan Anthony Gordon yang menghajar crossing Mykolenko. Namun sayang, lagi-lagi Mendy membuat penyelamatan gemilang yang membuat skor masih tetap 0-0.

Setelah itu, intensitas pertandingan terus meningkat. Kedua tim saling berbalas serangan dalam tempo permainan yang cepat.

Terus menekan, The Blues akhirnya memecah kebuntuan pada menit 43 lewat Sterling. Akan tetapi, gol debut Sterling itu dianulir oleh wasit karena eks Manchester City itu sudah berada di posisi offside ketika menyambar bola liar hasil tendangan N’golo Kante yang ditepis oleh Pickford.

Everton vs Liverpool

Gol yang ditunggu Chelsea akhirnya datang pada menit 45+9 lewat gol penalti Jorginho. Penalti tersebut didapat setelah Ben Chilwell dijatuhkan di kotak terlarang. Alhasil, babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Berikut susunan pemain Everton vs Chelsea:

EVERTON (3-4-3): Jordan Pickford; Yerry Mina, James Tarkowski, Ben Godfrey; Nathan Patterson, Abdoulaye Doucoure, Alex Iwobi, Vitalii Mykolenko; Demarai Gray, Anthony Gordon, Dwight McNeil.

Cadangan: Mason Holgate, Michael Keane, Allan, Asmir Begovic, Dele Alli, Jean-Philippe Gbamin, Ruben Vinagre, Lewis Warrington, Stanley Mills.

CHELSEA (3-4-3): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly; Reece James, N’Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount, Kai Havertz, Raheem Sterling.

Cadangan: Kepa Arrizabalaga, Mateo Kovacic, Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek, Trevoh Chalobah, Armando Broja, Hakim Ziyech, Conor Gallagher, Marc Cucurella.