Bola  

Menang Dramatis atas Vietnam, Bima Sakti Beberkan Alasan Timnas Indonesia U-16 Bisa Bangkit di Babak Kedua : Wallpaperspeed Bola

SLEMAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti senang timnya lolos ke semifinal sebagai juara Grup A Piala AFF U-16 2022 usai menang dramatis 2-1 atas Vietnam U-16. Dibilang dramatis karena Timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal 0-1 lebih dulu dan baru bisa membalas dua gol di babak kedua.

Menariknya, ada peran besar Bima Sakti yang membuat Timnas Indonesia U-16 bisa membalikkan keadaan di babak kedua. Ada suntikan motivasi yang diberikan pelatih kepada para penggawa Garuda Asia.



Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB, Pasukan Garuda Muda menjalani laga ketat pada babak pertama. Bahkan, mereka tertinggal lebih dulu pada menit 41 lewat gol penalti yang dicetak Nguyen Cong Phuong.

Bima Sakti

Akan tetapi, Tim Merah-Putih langsung menggebrak pertahanan The Golden Star –julukan Vietnam- pada awal babak kedua. Mereka pun mampu membalikkan keadaan dalam waktu tiga menit saja lewat dua gol yang masing-masing ditorehkan Arkhan Kaka Putra dan Muhammad Nabil Asyura pada menit 51 dn 54.

Usai pertandingan, Bima Sakti pun mengungkapkan kata-kata motivasi yang dilontarkannya kepada Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega saat turun minum. Sang pelatih mengatakan bahwa ini adalah kesempatan satu kali seumur hidup bagi mereka untuk bisa berjuang demi bangsa dan negara dan kalimat itu pun berhasil memecut semangat mereka sehingga tampil trengginas pada babak kedua.

“Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan ini. Walaupun kami sempat tertinggal di babak pertama, tapi saya yakin para pemain itu bisa tampil lebih baik di babak kedua,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers pasca laga, Sabtu (6/8/2022).

“Saat turun minum tadi di ruang ganti saya sampaikan pada mereka ‘kesempatan enggak datang dua kali, ini adalah kesempatan yang baik bagi kalian untuk berjuang demi bangsa dan negara, tampil lebih maksimal lagi, manfaatkan peluang, kurangi kesalahan’, dan Alhamdulillah kita bisa cetak dua gol di awal babak kedua,” imbuhnya.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Mereka keluar sebagai juara grup dengan koleksi sembilan poin usai menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan.

Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 (PSSI)

Sementara itu, Vietnam masih belum memastikan diri lolos ke semifinal. Mereka harus menunggu hasil dari laga dari dua grup lainnya lebih dulu untuk lolos via runner up terbaik.

Lalu untuk lawan Timnas Indonesia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022 sampai saat ini belum diketahui. Sebab skuad Garuda Asia masih menunggu siapa yang menjadi juara Grup C di antara Malaysia, Myanmar, atau Kamboja.