Mahasiswa Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Creative Thinking

Suara.com – Suara.com kembali menghelat program menarik bagi para anak muda, yakni Suara Community Institute Batch 2. Acara ini dibuka langsung oleh Plt Kepala Biro Suara.com di Yogyakarta Dany Garjito pada Sabtu (6/8/2022). Suara Community Institute Batch 2 kali ini bertempat di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dany dalam sambutannya mengungkapkan, sama seperti Suara Community Institute sebelumnya, acara ini bertujuan untuk memperluas jaringan dan menjalin kerja sama dengan kampus dan komunitas.

“Harapannya agar setiap peserta bisa siap untuk bekerja di dunia kerja dan mendapat manfaat dari program ini,” tutur Dany Garjito.

Program Suara Community Institute dilaksanakan selama sekitar 2 minggu dengan topik-topik kreatif, terdiri dari digital journalism, content creation, creative thinking, dan social media. Hari pertama diisi dengan dua materi utama, yakni jurnalistik dasar dan creative thinking.

Baca Juga:
3 Poin Menarik yang Dinantikan dari Film Sci-Fi Alienoid

Materi pertama tentang jurnalistik dasar dibawakan oleh Rima Sekarani Imamun Nisa selaku Redaktur Senior Suara.com. Dalam sesi ini Sekar memaparkan teknik-teknik dasar dalam menyusun sebuah berita, jenis-jenis berita, fotografi jurnalistik, hingga persiapan liputan.

Tak hanya memberikan teori, pemateri juga mengajak para peserta untuk melakukan simulasi liputan mengenai acara Suara Community Institute yang sedang berlangsung.

Peserta dipersilakan untuk mewawancarai beberapa panitia dari Suara Community Institute. Nantinya, bahan liputan tersebut akan digunakan untuk penugasan membuat artikel.

Para peserta dan pemateri Suara Community Institute Batch 2 di Laboratorium Public Relation Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Suara.com)
Para peserta dan pemateri Suara Community Institute Batch 2 di Laboratorium Public Relation Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Suara.com)

Sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai creative problem solving secara hybrid oleh Antonius MB dari Krya Global. Ia menjabarkan tahapan-tahapan berpikir kreatif, cara melatih berpikir out of the box, tips menciptakan ide yang menarik, hingga langkah membuat ide konsep campaign kreatif.

Sebelumnya, peserta juga telah dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk penugasan proposal campaign. Setiap kelompok mendapat topik untuk menyusun campaign yang berbeda satu sama lain, di antaranya rekomendasi buku/film, kehidupan kampus, travelling, a day in my life, dan self improvement.

Baca Juga:
Film Sci-fi Alien Mengonfirmasi Tanggal Perilisan dan Bagikan Trailer Terbaru

Para peserta kemudian diajak untuk mendiskusikan isu sesuai dengan topik yang diperoleh.