Doa Buka Puasa Asyura Ada 2 Versi, Berikut Bacaan Latin dan Artinya

Suara.com – Puasa Asyura adalah puasa sunnah pada bulan Muharram yang dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Muslim. Selain membaca niat puasa Asyura, umat Muslim juga dianjurkan untuk baca doa buka puasa usai memasuki waktu berbuka. Lantas, apa bacaan doa buka puasa Asyura? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, beberapa hari lalu umat Muslim telah merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah. Pada bulan mulia tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan banyak amal baik. Adapun salah satu alaman baik yang dianjurkan untuk diamalkan pada bulan Muharram yaitu puasa sunnah Asyura.

Banyak riwayat menyebutkan betapa pentingnya puasa Asyura pada setiao hari kesepuluh bulan Muharram atau tepatnya tanggal 10 Muharram. Disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, salah satu Keutamaan puasa Muharram ini yakni menghapus dosa setahun.

Anjuran mengenai puasa Asyuran 10 Muharram dan keutamaannya termaktub dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga:
Info Puasa Asyura 8 Agustus 2022 Lengkap: Bacaan Niat, Hukum dan Keutamaannya

“Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu”

Selain itu puasa Asyuran juga puasa sunnah paling utama setelah puasa wajib bulan Ramadhan. Bahkan, puasa Asyura ini lebih utama dari puasa Syakban. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut:

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” 

Waktu Puasa Asyura

Sebelumnya disebutkan bahwa waktu puasa Asyura ini tepat pada hari kesepuluh bulan Muharram atau tanggal 10 Muharram. Jika dihitung berdasarkan kalender Masehi, puasa Asyura ini bertepatan dengan tanggal 8 Agustus 2022.

Baca Juga:
Bacaan Niat Puasa Asyura dan Tasua, Berikut Jadwal dan Doa Buka Puasa

Adapun durasi atau waktu pelaksanaa puasa Asyura ini sama seperti saat puasa ramadhan, yaitu dari bedug subuh (jelang matahari terbit) hingga matahari terbenam atau bedug magrib.

Niat Puasa Asyura 

Bagi umat Muslim yang akan menjalan ibadah puasa Asyura, dianjurkan untuk membaca niatnya terlebih dahulu. Adapun bacaan niat puasa Asyura yakni seperti berikut ini:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Lillahi ta’ala.”

Doa Buka Puasa Asyura

Jika sebelum bepuasa diawali dengan niat, maka setelah berbuka juga dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Diketahui, bacaan doa buka puasa sunnah Asyura ini ada dua.

Nah bagi  yang melaksanakan puasa sunah Asyura, berikut ini bacaan doa buka puasa Asyura yang dapat dibaca saat tiba waktu berbuka atau saat waktu bedug magrib.

Doa buka puasa pertama

Dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Daud, adapun bacaan doa buka puasa 10 Muharram atau Asyura yaitu seperti di bawah ini: 

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah-ed

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki”

• Doa buka puasa kedua

Adapun doa buka puasa yang lainnya seperti yang diriwayarkan Ibnu Majah yaitu sebagai berikut: 

“Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii-ed”

Artinya : Ya Allah, aku memohon rahmatmu yang meliputi segala sesuatu, yang dengannya engkau mengampuni aku. (HR. Ibnu Majah).

Nah itulah informasi mengenai doa buka puasa Asyura latin dan artinyalengkap dengan bacaan niat dan hadis tentang keutamaan puasa Asyura 10 Muharram.

Selain puasa Asyura, ada puasa sunnah lainnya yang dianjurkan untuk diamalkan pada bulan Muharram. Adapun puasa sunnah tersebut yaitu puasa Tasua pada 9 Muharram (7 Agustus 2022) dan puasa Ayyamul bidh 13-15 Muharram (11-13 Agustus 2022).

Pastikan anda berbuka puasa dengan hal-hal yang baik, termasuk membaca doa buka puasa asyura. Semoga informasi tentang puasa ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi