Tips mengatur keuangan ala “stand-up comedian” Yudha Keling

Artinya, di bulan berikutnya nongkrong di kafenya gue kurangin

Jakarta (ANTARA) – Stand-up comedian Yudha Ramadhan atau yang akrab disapa Yudha Keling membagikan tips mengatur keuangannya, salah satunya dengan cara mencatat setiap pengeluaran.

“Ini yang gue pelajarin setelah banyak nontonin video YouTube, baca buku juga. Ternyata ya mengelola uang itu mengelola pengeluaran,” kata Yudha kepada ANTARA saat dijumpai di Jakarta Selatan, Sabtu.

“Jadi yang gue lakuin adalah mencatat itu adalah sesuatu yang penting. Karena dari mencatat gue jadi tahu berapa uang yang sebenarnya gue butuh,” tambahnya.

Baca juga: Cara komika Adjis Doaibu atur keuangan

Lebih lanjut, Yudha menjelaskan bahwa di buku keuangannya, dia biasa mewarnai setiap jenis pengeluaran dengan warna yang berbeda. Sehingga, dia dapat mengetahui berapa dana yang harus dikeluarkan selama satu bulan.

“Di buku yang gue catat itu biasanya gue warnain. Jadi gue tahu tuh buat jajan berapa, buat kendaraan berapa, buat nongkrong berapa. Dari pencatatan itu, di akhir bulan gue lihat mana yang lebih banyak pengeluarannya,” jelas Yudha.

“Ternyata misal banyak untuk nongkrong di kafe. Artinya, di bulan berikutnya nongkrong di kafenya gue kurangin. Karena ternyata gue nggak nyaman kalau gue mengeluarkan segitu banyak cuma untuk nongkrong,” imbuhnya.

Baca juga: Konsep “money jar” bisa jadi tips kelola keuangan suami istri

Namun sebagai seorang influencer, Yudha pun mengaku tak memiliki persentase pasti untuk membagi pengeluarannya dalam satu bulan. Namun, dia berusaha untuk mengeluarkan uang sesuai kebutuhan agar tetap memiliki dana untuk ditabung.

“Gue nggak bisa pakai persentase karena gue freelancer yang pemasukannya nggak pasti. Jadi kadang 20 persen tuh kadang gede kadang kecil. Nah yang gue lakukan adalah, dari ketidakpastian pemasukan ini pengeluarannya gue bikin saklek,” ujar Yudha.

“Kalau pemasukan bulan ini masih sisa banyak, anggaplah pendapatan 10 tapi pengeluaran rutin gue cuma 3, ya dari 7 ini gue bagi. 50 persen untuk dana darurat, 50 lagi untuk investasi,” tutupnya.

Selain itu, Yudha juga tak menyatukan keuangannya hanya dalam satu rekening. Rekening tabungan akan dia pisahkan dengan rekening yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab menurutnya, hal ini dapat membantunya agar dapat lebih hemat.

Baca juga: Kiat kelola keuangan untuk keluarga berpenghasilan tetap

Baca juga: Tips Indra Brasco dan Mona Ratuliu kelola keuangan keluarga

Baca juga: Rahasia Najla Bisyir atur keuangan bisnis “dessert box”

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022