Profil Roy Suryo, Eks Menteri Era SBY Kini Ditahan Kasus Meme Stupa Candi Borobudur

Suara.com – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sekaligus pakar telematika, Roy Suryo kini ditahan oleh Polda Metro Jaya pada Jumat (5/8/2022) atas laporan kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur berwajah Presiden Jokowi.

Diketahui bahwa sosok politisi Partai Demokrat yang kerap melayangkan sindirian kepada sang presiden itu kini mendekam di tahanan polisi usai dilaporkan oleh umat Buddhis.

Adapun laporan tersebut muncul lantaran unggahan Roy Suryo dinilai menistakan agama Buddha. Pasalnya, diketahui pria kelahiran kota pelajar ini mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang editannya dinilai mirip dengan Presiden Jokowi.

Sosok Roy Suryo telah dikenal oleh publik semenjak ia menjabat sebagai Menpora zaman pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga:
Roy Suryo Masih Kenakan Kemeja Batik dan Penyangga Leher Saat Dibawa ke Ruang Tahanan

Berikut profil Roy Suryo beserta perjalanan kriernya dalam lini pemerintahan.

Politisi kelahiran Yogyakarta, punya gelar kebangsawanan

Pria yang kini mendekam di tahanan Polda Metro Jaya tersebut lahir di Yogyakarta, 18 Juli 1968. Usut punya usut, Roy Suryo memiliki nama lengkap bergelar bangsawan yakni Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo.

Nama tersebut juga disingkat menjadi KRMT yang menjadi username akun Twitter pribadinya yang kini disita oleh polisi. Roy Suryo menikah dengan sosok perempuan bernama Ririen Suryo. 

Riwayat pendidikan

Baca Juga:
Selain Ditahan, Polisi Juga Sita Akun Twitter dan HP Roy Suryo

Lahir dan besar di Kota Pelajar, Roy Suryo menempuh pendidikan perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia mengambil jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM dan memperoleh gelar ijazah pada 1991.

Menariknya, ia melanjutkan S2 di jurusan yang cukup berbeda dengan jurusannya sebelumnya. Pasalnya, Roy Suryo kembali melanjutkan studi di UGM dan mendapat gelar Magister Kesehatan.

Terjun ke dunia politik

Roy Suryo terjun ke dunia politik dengan mulai bergabung Partai Demokrat pada 2004 silam.

Mewakili partainya, Roy maju mencalonkan diri dalam pemilihan Caleg tahun 2009 di daerah pemilihan Yogyakarta. Ia berhasil memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan suara kala itu.

Selain berkarier di bidang politik, Roy Suryo kerap menjadi pembicara dalam berbagai acara televisi yang mengangkat tema multimedia. 

Diangkat jadi menteri SBY

Roy Suryo mengisi jabatan kosong Menpora usai Andi Mallarangeng divonis tersangka kasus korupsi Hambalang pada 2012 lalu.

Tepat setahun setelahnya Andi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menpora, sehingga presiden SBY menunjuk Roy Suryo untuk menggantikannya.

Kontributor : Armand Ilham