Bacaan Niat, Hukum dan Keutamaannya

Suara.com – Puasa Asyura 10 Muharram tahun ini jatuh pada 8 Agustus 2022. Berikut penjelasan lengkap tentang hukum, keutamaan dan niat puasa Asyura 8 Agustus 2022 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sebelum melaksanakan ibadah puasa Asyura, umat Islam mengawalinya dengan dengan puasa Tasua yang dilaksanakan pada 9 Muharram atau tanggal 7 Agustus 2022.

“Dari Abdullah bin Abbas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Kalau sekiranya aku hidup hingga tahun depan, niscaya aku kan puasa pada hari Sembilan (Muharram)’ pada riwayat Abu Bakar ia berkata, yakni ‘pada hari sepuluh (Muharam),’” (HR Muslim).

Hukum Puasa Asyura

Baca Juga:
Puasa Tasua 7 Agustus 2022: Bacaan Niat, Hukum dan Keutamaannya

Setelah hijrah dari Makkah ke Madinah, Nabi Muhammad SAW mengetahui bahwa kaum Yahudi berpuasa pada hari Asyura, maka beliau memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Asyura.

Dari sahabat Abdullah bin Abbas radliyallahu ‘anh beliau berkata: “Tatkala Nabi Muhammad SAW datang ke kota Madinah, beliau mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa di hari Asyura, lantas beliau bersabda kepada mereka, ‘Hari apa yang kalian sedang berpuasa ini?’   Mereka menjawab, ‘Hari ini adalah hari yang agung. Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya pada hari ini dan menenggelamkan Fir’aun beserta pasukannya. Maka Musa berpuasa pada hari ini sebagai rasa syukur dan kami turut berpuasa.’

Rasulullah bersabda, ‘Maka kami dengan Musa lebih berhak dan lebih utama daripada kalian.’ Maka Rasulullah berpuasa dan memerintahkan berpuasa.” HR Bukhari dan Muslim.

Rasulullah bersabda, ‘Barang siapa yang berkehendak (ingin berpuasa), maka silakan berpuasa. Dan barang siapa yang berkehendak (tak ingin berpuasa), maka tidak berpuasa.’”

Para ulama berpendapat hukum puasa Asyura adalah wajib sebelum puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun kedua hijriah. Maka, setelah hukum puasa Ramadhan wajib, puasa Asyura jadi sunah ‘muakkad’ (sangat dianjurkan). 

Baca Juga:
Kapan Puasa Muharram 2022? Berikut Jadwal, Niat, Keutamaan serta Doa Buka Puasanya

Keutamaan Puasa Asyura

Disebutkan dalam riwayat yang lain pula, bahwa Nabi Muhammad ditanya tentang puasa Asyura, maka beliau menjawab, “(Puasa tersebut) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Niat Puasa Asyura 8 Agustus 2022

Berikut bacaan niat puasa Asyura latin dan artinya:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnatil aasyûraa lillaahi ta‘aalaa.”

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Niat puasa sunah boleh dilakukan siang hari selama belum makan, minum dan melakukan hal lain yang bisa membatalkan puasa. Berikut ini lafal puasa Asyura siang hari.

“Nawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnatil aasyûraa lillaahi ta‘aalaa.”

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura hari ini karena Allah SWT.”

Demikian informasi lengkap seputar puasa Asyura 8 Agustus 2022 atau 10 Muharram 1444 H yang dapat anda kerjakan besok lusa. Jangan lupa baca niat terlebih dahulu.

Kontributor : Rima Suliastini