Viral Aksi Pungli di Bandara Bikin Resah Pengunjung, Tiba-Tiba Masuk Mobil Minta Uang Jatah

Suara.com – Beredar sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sosok pengunjung bandara dibikin syok dengan adanya pria yang melakukan pungutan liar alias pungli. Video ini awalnya diunggah oleh salah satu akun Instagram @bramadity dan kemudian di-repost oleh akun @undercover.id.

Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana pria yang melakukan pungli dengan memaksa masuk ke dalam mobil korban.

Insiden ini terjadi di sebuah Bandara SSK II Pekanbaru. Saat itu, korban mendarat di Pekanbaru dari Aceh untuk tujuan shooting dengan salah satu dinas di kota Pekanbaru.

Ia dijemput dengan mobil travel agen yang sudah dipesan oleh klien di Bandara. Ketika selesai masukin peralatan shooting di bagasi, tiba-tiba ada pria ikut masuk ke dalam mobil sambil ngomong bahasa Pekanbaru yang dikira teman dari si sopir.

Baca Juga:
Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Pungli di Bandara pekan baru bikin pengunjung syok karena masuk mobil tiba-tiba (Instagram)
Pungli di Bandara pekan baru bikin pengunjung syok karena masuk mobil tiba-tiba (Instagram)

Dan ternyata pria tersebut bukanlah teman sopir. Hal ini terlihat dari gelagat sopir yang merasa ketakutan dengan kehadiran pria tersebut.

Pria itu meminta sopir untuk menuju kantor tempat dirinya mangkal. Korban awalnya berpikiran kalau akan dibawa ke Kantor Angkasa Pura, AURI, atau keamanan bandara.

Ternyata pria tersebut menyuruh untuk berhenti di tempat kumpul para taksi bandara. Dan setiba di tempat tongkrongan taksi-taksi, mereka makin ramai dan makin galak nakut-nakutin sopir korban.

Terjadilah perdebatan panjang hingga 2 jam lamanya. Para sopir taksi di sana menyebut kalau korban telah melanggar aturan bandara. Sayangnya mereka tak bisa menjelaskan apa yang dilanggar dari korban dan sopir.

Akhirnya mereka meminta sejumlah uang dan salah satu dari tim korban harus naik taksi mereka sampai luar bandara, kemudian baru boleh pindah ke mobil sewaan lagi.

Baca Juga:
Wings Air Layani Penerbangan Purbalingga-Pondok Cabe Setiap Hari Jumat

Video ini pun mengundang reaksi dari warganet di kolom komentar.

“Iya nih serasa penguasa di bandara aja itu mereka, Saya aja dulu pernah jemput saudara kenak tahan di sana dituduh Taksi online,” tulis @ran***.

“Malu saya min, cari rezeki tapi meras gitu. Sampe sekarang belum juga di proses, heran,” beber @okt***.

Usai video ini viral, akhirnya pelaku dan korban memilih jalan damai.

Oknum yang melakukan pungli dan korban saat berdamai di Polsek Bukit Raya (ANTARA/Ho-Polsek Bukit Raya)
Oknum yang melakukan pungli dan korban saat berdamai di Polsek Bukit Raya (ANTARA/Ho-Polsek Bukit Raya)

Oknum yang diduga melakukan pungli Syafril Roza (47), Jumat malam, meminta maaf kepada Bram Aditiya dan kawan-kawan yang menjadi korban. Permintaan maaf tersebut diutarakan Syafril Roza di Mako Polsek Bukit Raya dan disaksikan Kanit Reskrim Iptu Dodi Vivino.

“Alhamdulillah sudah berdamai. Syafril Roza meminta maaf kepada Bram Aditiya dan kawan-kawan atas peristiwa yang terjadi di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru,” ucap Dodi, Sabtu, dilansir dari Antara.

Dodi menyebutkan permohonan maaf tersebut dituliskan di atas kertas disertai dengan materai. Tampak dalam surat tertulis bahwa Syafril Roza meminta maaf atas yang terjadi di Bandara SSK II dan berjanji tidak akan mengulangi hal yang serupa. Jika mengulangi yang bersangkutan siap dihukum sesuai hukum yang berlaku,” paparnya.

Untuk melihat video selengkapnya, klik DI SINI!