Bola  

Piala AFF U-16 2022: Nasib Vietnam dan Thailand di Ujung Tanduk, Terancam Gagal Lolos Semifinal Jika Hal Ini Terjadi! : Wallpaperspeed Bola

NASIB Timnas Vietnam U-16 dan Timnas Thailand U-16 di ujung tanduk dan terancam gagal lolos semifinal Piala AFF U-16 2022. Hal itu bisa terjadi, seandainya, kedua tim menuai kekalahan, sementara di laga lainnya, Timnas Myanmar U-16 berhasil menang atas lawannya di Grup C.

Seperti diketahui, slot menuju semifinal hanya tersedia empat tim saja. Itu diambil dari tiga juara grup (Grup A, B, dan C) dan satu runner up terbaik, di antara ketiga grup tersebut.



Timnas Vietnam U-16

Dalam hal ini, persaingan untuk memastikan satu tiket semifinal ditentukan di partai terakhir tiap grup. Sekadar informasi, dua tim teratas dari Grup A saat ini di tempati oleh Timnas Indonesia U-16 (peringkat 1) dan Vietnam (peringkat 2).

Sementara Grup B, di tempati Timor Leste (peringkat 1) dan Thailand (peringkat 2). Sedangkan di Grup C, ada Malaysia (peringkat 1) dan Myanmar (peringkat 2).

Lalu, mengapa Vietnam dan Thailand terancam gagal lolos? Ya, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hanya tiga juara dan satu runner up terbaik yang berhak lolos ke semifinal. Mengenai runner up terbaik dalam turnamen ini, dihitung dari mini klasemen (di luar klasemen utama) antar tim penghuni posisi kedua dari tiap grup.

Untuk saat ini, Vietnam ada di peringkat pertama mini klasemen dengan perolehan enam poin. Kemudian, di posisi kedua ada Thailand (4 poin) dan Myanmar di urutan ketiga (4 poin).

Sebenarnya, ketiga tim masih memiliki peluang sama untuk lolos, baik sebagai runner up atau bahkan juara grup. Akan tetapi, Vietnam dan Thailand bisa gagal lolos ke semifinal, jika Myanmar menuai kemenangan di laga pamungkasnya.

Untuk diketahui, di laga pamungkas Vietnam akan melawan Timnas Indonesia U-16 hari ini, Sabtu (6/8/2022) di Stadion Maguwoharjo. Peluang mereka lolos ke semifinal tertutup seandainya dikalahkan Timnas Indonesia U-16, apalagi dengan skor telak.

Timnas Myanmar U-16

Tentu poin mereka di klasemen tertahan di angka 6 dengan selisih gol semakin berkurang. Sementara di Grup C, Malaysia dan Myanmar saat ini sama-sama mengoleksi 4 poin di posisi pertama dan kedua.

Myanmar akan menghadapi Kamboja dan Malaysia akan melawan Australia di laga terakhir, yang berlangsung Senin, 8 Agustus 2022. Seandainya kedua tim menang, tentu berakhir dengan sama-sama poin 7. Vietnam pun otomatis akan tersingkir.

Thailand lebih besar lagi potensi gagal lolosnya. Hasil imbang 1-1 melawan Laos, membuat mereka tertahan di peringkat kedua dengan 4 poin.

Poin mereka sama dengan Timor Leste, yang ada di puncak klasemen. Namun terpaut jauh dari jumlah selisih gol. Thailand hanya +5, sementara Timor Leste +10.

Thailand gagal lolos apabila kalah dari Timor Leste di laga terakhir, yang berlangsung Minggu 7 Agustus 2022. Bagaimana jika imbang? Dari sisi mereka kalah dari Vietnam, yang sampai saat ini saja sudah mengemas 6 poin. Di sisi lain mereka tak bisa menyalip Timor Leste di puncak klasemen Grup B, karena kalah selisih gol.