Anime  

[JOI Spotlight] To The Stars Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada weekend yang sayangnya kurang kondusif buat nyantai akibat kejadian baru-baru ini. Selagi menunggu situasi membaik mari kita simak impresi para staf JOI.

Isekai Ojisan 04

Kaptain

Episode fanservice demi kedamaian umat. Ini si Elf nrimo aja deh dapet “aksinya” sebatas itu ngeliat blindspot soal romansa nampaknya udah genetik.

BlueHeaven

They got me in the first half, not gonna lie. Ojisan still ojisan.

Made in Abyss S2 04

Kaptain

Sedikit adegan guro buat pemanis. Ini bukan pertama kalinya Reg di sini ngeliat dia pernah ngekalin hubungan sama Faputa, yang anehnya punya nama yang sama. Konfirmasi juga soal kondisi anggota Ganja di era modern, in short, not well.

Yofukashi no Uta 04

Kaptain

Tumben ga ada insert song. Saya ga butuh gelar psikolog buat ngediagnosis Akira dengan depresi. Paling nggak di akhir dia bisa ngejalin lagi hubungan sampai ke titik di mana dia bisa pake “Ko” sebagai panggilan.

Kaczmarek

Man, pengen di-cuddle Akira. Kalau saya merem, ini suara terbaiknya Yumiri Hanamori sejak ngisi Zero musim lalu. Tapi kayaknya dia yg butuh perhatian, kalau ngeliat dengan mudahnya seorang perempuan keluar malam-malam.

Isekai Meikyuu de Harem wo 04

Kaczmarek

First blood, literally. Meski secara biologis keduanya tak bisa menghasilkan janin, namun rutinitas majikan dan budak ini bakal terus berjalan hingga Taku mengumpulkan kawanan lainnya. Gak terlalu mendiskreditkan apa yang ditulis Shachi Sogano, namun beberapa detail kudu diulang informasinya agar pembaca gak kelupaan nantinya. Nge-dungeon akan bakal jadi rutinitas juga bagi keduanya hingga objektif lain muncul di kepala Taku.

Danmachi IV 02

Kaczmarek

Tiga chapter volume ke-12 dalam dua episode. Ini dia monster yang berasa di-buff setelah masuk ke fase kedua alias lantai terbawah. Intelegensi monster ini tentunya di atas sebelumnya, namun yang menjadi masalah disini adalah efek serangan yang mengenai Luvis dan Chigusa. Monster ini disebut Moss Huge di novelnya kalo gasalah, Satu hal yang mereka miss disini adalah gak nambahin detail di underwear-nya Mikoto.

Ada karakter baru namanya Marie yang sudah dikonfirmasi seiyuu-nya adalah Saya Fukuzumi. Saya gak perlu nge-spoil gimana caranya dia nongol, tapi sebelum ½ cour habis, kayaknya dia bisa muncul.

YouZitsu 04

Kaczmarek

Udah ngerasa Suzune mulai menjauh dari Kiyotaka? Dan Kei kian mendapat porsi tayang? Ini belum seberapa sayangnya. Karena ini arc yang jujur kurang saya sukai hanya karena Suzune mulai tersingkir dari andalan kelas D secara demokratis.

Masalah Kushida jadi pembelot di tes sebelumnya jadi perhatian disini, Kiyotaka nampak menaruh perhatian ini seolah ingin mengubah isi kepalanya atau minimal mencegah usaha yang mungkin terjadi. Masih inget juga kalau Kushida masih punya upaya nge-blackmail Kiyotaka dengan tuduhan pelecehan seksual di musim pertama. Also thanks buat sutradara karena masih ngasih porsi Sakura saat dia latihan lari.

BlueHeaven

Ini plotnya pada lari kemana. Saya kira flashback, eh ternyata udah selesai yang di kapal, nah sekarang dikasih task baru. Kuda saja bisa dijinakan larinya, ini entah kemana muternya.

Walau sudah melotot agar tidak terlewatkan poin pentingnya, tetap saja saya tidak paham apa yang diperlihatkan dalam anime ini. Anime misteri saja banyak yang saya tonton ga sampai ngebingungin kayak ini. Kecuali tatapan mata Kei, tidak ada yang bisa disenangi dari episode ini.

Tsurekano 04

Kaczmarek

Sempat berharap keduanya ini serius lanjutin nge-date-nya tapi ternyata ada alasan utama dari usaha ini. Akatsuki jadi alasan utama mereka melakukan ini, namun nampaknya gak ngubah tujuannya untuk nikahin Mizuto demi dapetin Yume secara gratis juga. Kogure, tinggal ngaku aja padahal kalo lu tuh mantannya Akatsuki, tapi paling enggak dia memperingatin Mizuto soal neraka yang dia alami kala SMP.

Isekai Yakkyoku 03

Kaczmarek

Cukup beruntung komposisi seri anime ini dikerjain sama penulis Oregairu, Wataru Watari. Ini jadi proyek keempat Diomedea yang melibatkan Watari jadi penulis skrip atau pengomposisi serialnya. Sebelumnya ngikut di “Seijo no Maryoku wa Bannou Desu”, “Domestic na Kanojo”, dan “Girlish Number”.

Jadinya saya tak perlu nge-drop seri ini di episode ketiga. Disini Falma sudah mulai gak nahan diri untuk nunjukin kemampuan aslinya serta perubahannya pasca disamber petir. Namun yang ia buka ke ayahnya bukan informasi penting bahwa jiwa Falma yang dahulu menghilang begitu saja. Kalau dibayangin ini cukup sedih karena Falma yang sekarang gak bisa berkomunikasi dengan Falma yang lama.

Summertime Rendering 16

Kaptain

Selamat datang Shadow Mio, atau lebih tepatnya the Cooler Mio. Di manga ada chapter khusus buat ngasih stat block dari kekuatan dia, tapi anime udah ngasih info yang relevan buat cerita ke depan. Ngeliat Shadow, apalagi yang independen; itu rantai emosionalnya nggak seperti manusia ya kita dapet interaksi asik kayak di episode ini.

Ini juga si bapak udah all in banget sama tawaran Heine. Ga keberatan mati selama “dia” dan keluarga secara teknis idup sebagai Shadow.

BlueHeaven

Makin lancar, makin terbuka. Semoga langgeng Tokiko x Mio.

Lycoris Recoil 06

Kaczmarek

This episode man, nge-HL asetnya Chisato sampe mengganggu konsentrasi gue. Di depan itu, kita dapet informasi penting terkait jantungnya Chisato. Yep, sesuai gambar di atas, Takina gak pengen ngerasain aset Chisato, tapi pengen ngerasain detak jantungnya. Apa ada detak jantung? Gaada! Ada beberapa misteri yang mulai dibuka disini, terutama soal Alan, Jin, Mika, dan Matsushita.

Kaptain

Ini kasual banget soal reveal kondisi organ internalnya Chisato. Jelas di akhir nanti jantungnya Chisato bakal jadi plotpoint, apalagi ini rajin banget ngomongin kalau dia nggak punya detak jantung. Dari tren subplot Lycoris yang jelas-jelas compromised, ini kayaknya di episode akhir bakal nyisa dikit banget. Cuma cukup buat ngurus satu kafe. Ternyata oh ternyata polisi rahasia itu sama sekali nggak efektif kalau nggak bisa ngendaliin kebocoran.

Engage Kiss 05

Kaptain

“Oke, jadi ini tambang bakal ngubah orang jadi monster dan bisa aja ngancurin kota dalam 6 bulan. Yuk bawa sekeluarga buat piknik.” Saya ga peduli ini bilangnya “cuma inspeksi”, you get what you deserve kalo ga respek sama sekali dengan Demon Chernobyl.

Di sisi positif, Ayano sekarang bisa nyurangin sistem amnesia dan bisa rutin “nyicip”. Akhirmya juga jam tayang nggak diborosin buat rapat dan lelang. Ini Maruto kalau nggak ditahan bakal nuntut tiap episode ngasih sambutan ketua RT, RW, Polsek Sragen, dan acara dangdutan sebelum episode boleh jalan.

BlueHeaven

To all viewers, you just got the highest peak of ecchi. Congrats!

Kaczmarek

Saya kena flashback anime Classroom Crisis” di episode ini. Maruto sendiri juga ngeklaim ini masih di common route, yang artinya branching plot bakal terjadi di sisa tiga episode kedepan. Episode yang cukup emosional, terutama bagi Ayano dan Kisara. Ayano gak menahan diri untuk melunasi usahanya, sementara Kisara gak menahan diri untuk ngungkapin isi hatinya lebih jelas. Sayangnya, memori itu hilang dalam sekejap. Ini seiyuu-nya Kisara juga mencak-mencak di Twitter hahaha.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 06

Kaczmarek

Momen paling nyebelin ini berkat Mikazuchi yang ngepush Haku untuk make Akuruturuka. Adegan pertarungannya juga dipendekin secepet mungkin karena gue ngerti soal budget. Namun ada kegundahan karena mereka (staf anime) gak memberi porsi untuk menjelaskan kenapa topeng itu menempel ketat di wajah Haku sesuai dengan VN-nya. Sekaligus nge-skip CG Nekone nemenin Haku tidur.

Masalah soal konflik internal yang dipotong ini ini sebenarnya membuat sosok Kuon (dalam mode Putri) ini menggambarkannya seperti antagonis. Namun dari belakang itu, terdapat dorongan Benawi dan Kurou (serta orang Tusukuru lain) yang ikut nekan Kuon untuk segera make privilege-nya. Banyak hal sulit untuk dijelaskan disini, jadi saya berharap staf ngasih porsi lebih nantinya di beberapa arc dengan ancaman satu atau dua arc bakal dilenyapkan begitu aja.

Kuro no Shoukanshi 05

Kaczmarek

Kelvin kudu sadar kalo dia berada di tangan Leo dalam mencari objektif barunya. Tentunya ini lama-lama mengganggunya, tapi kudu diingat kalau dirinya masih butuh untuk ningkatin levelnya. Efil juga mulai kerasan sama yang lainnya, jadinya butuh waktu lama untuk bener-bener punya rumah sendiri. Kelvin juga sadar dia gak bakal bisa menahan diri kalau Efil sudah bertindak begitu. Suatu saat, kontrak budak ini harus segera Kelvin ubah.

Arknights (EN)

Kaczmarek

85 rolls, belum nongol si Ling sama sekali. Tapi saya dapet Lee di 10 tiket terakhir. Masih ada 10 rolls lagi di awal minggu depan untuk jadi kesempatan terakhir. Soal bos, gue agak beruntung bisa nge-clear ini fase dengan bantuan Ethan. MVP of the event tbh.

Blue Archive

Kaptain

Mari semuanya bersahabat~ Pemakaian downtime yang efektif sekaligus debriefing buat kudeta Mika kemaren. Demen saya sama Gematria yang walopun isinya SCP semua nyatanya ya mau aja nyempatin waktu buat bantu dikit Sensei, yang secara teknis juga SCP buat standar Kivotos. Mungkin juga ya karena Maestro itu “Sensei” versi Italia.

Girls Frontline

Kaptain

Sama sekali nggak nyantai baik di sisi difficulty dan emosional. Emang udah jelas temanya Mirror Stage itu “Dua protagonis kita messed up horribly karena alasan yang masuk akal”, cuma ga nyangka aja godmachine kayak Dande juga sampe hopelessly outplayed sama strategi musuh. Didukung juga same sesi gameplay di mana Dande tuh vital banget buat ngelumat encounter, until you can’t. 

Hidden MVP buat AK-15 yang punya Doomslayer mode. Sayang aja highpoint buat STAR tuh gampang banget kelewat ngeliat kita mesti masuk ke “dick move” route dan bukan “shounen hero” route di penjuru akhir branch. Tinggal ngurus ranking yang untungnya 2 map aja.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Imvvvvvvvvvvin

The post [JOI Spotlight] To The Stars Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.