5 Amalan Sunnah Idul Adha yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Suara.com – Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa Hari Raya Idul Adha datang satu kali dalam satu tahun. Idul Adha adalah hari besar Islam yang memiliki keutamaan dan juga kesunnahannya sendiri. Apa saja amalan sunnah Idul Adha?

Ibadah atau amalan sunnah Idul Adha mempunyai ciri khas, di mana Hari Raya Idul Adha ini dikenal dengan Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji, karena pada hari itu kegiatan kurban dan ibadah haji dilaksanakan.

Lantas apa saja amalan-amalan sunnah Idul Adha yang perlu dilakukan oleh umat muslim? Jelang Idul Adha, biasanya seluruh umat Islam akan melaksanakan puasa sunnah terlebih dahulu, tepatnya pada sebelum perayaan Idul Adha. Puasa yang dikenal dengan istilah puasa Arafah ini adalah ibadah yang dilakukan pada hari kesembilan bulan dzulhijah.

Amalan Sunnah Idul Adha

Baca Juga:
Khutbah Idul Adha Singkat 2022: Pelajaran Utama Hari Raya Kurban

Namun, selain puasa Arafah, ada beberapa amalan sunnah Idul Adha yang baik dilakukan saat momen perayaan Hari Raya Idul Adha tiba. Bagi Anda yang ingin mengerjakannya, berikut ini adalah 5 amalan sunah iIdul Adha yang boleh dilakukan:

1. Mengumandangkan Takbir

Amalan sunnah Idul Adha yang pertama adalah mengumandangkan takbir. Pada malam Hari Raya Idul Adha, seluruh umat muslim dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di setiap masjid, mushola, dan rumah-rumah. Dikumandangkannya takbir dimulai sejak terbenamnya matahari sampai dengan imam naik ke mimbar untuk khutbah pada saat salat Idul Adha dan berakhir pada hari tasyrik tanggal 13 dzulhijah.

2. Mandi sebelum sholat Idul Adha

Amalan sunnah Idul Adha yang boleh dilakukan berikutnya adalah mandi sebelum melakukan sholat Idul Adha. Sebelum datang ke masjid atau lapangan, umat muslim dianjurkan untuk mandi dah bebersih terlebih dahulu.

Baca Juga:
Duh! Iduladha Disebut Bisa Picu Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia

Hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama yaitu sesudah waktu subuh. Tujuan mandi adalah untuk membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar.