Tekno  

7 Fakta Planet Venus yang Tak Bisa Ditinggali Manusia karena Terlalu Panas

Suara.com – Venus merupakan planet terdekat kedua dengan matahari setelah Merkurius. Namanya sendiri diambil dari salah satu nama Dewi Romawi.

Venus dijuluki bintang karena bersinar begitu terang. Selain itu, planet ini ternyata menjadi planet yang menyeramkan karena paling panas di tata surya.

Masih ada beragam fakta lainnya dari planet Venus yang perlu diketahui. Untuk itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Planet Terpanas di Tata Surya

Baca Juga:
5 Drama Hits Shin Min Ah, Hometown Cha-Cha-Cha Catat Rating Tinggi

Atmosfer yang dimiliki Venus membuatnya menjadi planet yang paling panas di tata surya. Lebih tepatnya, ada kabut tebal yang menciptakan pemanasan global.

Dilansir dari National Geographic, sinar matahari menuju planet Venus ada yang dipantulkan dan ada juga yang diserap. Jadi, energi yang masuk terperangkap oleh atmosfer tebal Venus sehingga menyebabkan suhu permukaannya sangat panas. (lebih dari 471 derajat celcius).

Tak hanya sampai disitu. Berbeda dengan bumi, awan di Venus tidak menurunkan air melainkan asam sulfat yang dapat merusak jaringan kulit.

Di sisi lain, tekanan di permukaan objek langit Venus juga sangat tinggi akibat atmosfer tebalnya, yakni 90 kali lebih besar daripada tekanan di Bumi. Kondisi ini sangat bisa membuat manusia langsung hancur saat berdiri di planet tersebut. Ngeri!

2. Planet Paling Terang

Baca Juga:
Banjir Kritik karena Komentar Negatif ke Serena dan Venus Williams, Sutradara Jane Campion Minta Maaf

Venus dikenal sebagai planet yang paling terang di Tata Surya. Maka dari itu, Venus kerap dijuluki bintang kejora, bintang fajar, bintang senja, bintang imur, hingga bintang barat.