Gejala Awal Kolesterol Tinggi yang Tidak Boleh Disepelekan

loading…

Ada beberapa gejala awal kolesterol tinggi yang tidak boleh disepelekan. Mengetahui gejala kolesterol tinggi bisa membantu mencegah masalah kesehatan. Foto/Express

JAKARTA – Ada beberapa gejala awal kolesterol tinggi yang tidak boleh disepelekan. Pasalnya, mengetahui gejala kolesterol tinggi sedari dini bisa membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, dari stroke hingga serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kondisi ini disebabkan kombinasi faktor gaya hidup, terutama makan terlalu banyak makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, merokok dan minum alkohol. Berikut daftar gejala awal kolesterol tinggi dilansir dari Express, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: 8 Minuman Penyebab Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Setiap Hari

1. Masalah Kulit

Ketika ada terlalu banyak kolesterol jahat yang beredar di aliran darah, dapat mulai menumpuk di kulit dalam lesi seperti ruam, dan bahkan dapat muncul di wajah. Jenis ruam kulit tertentu merupakan gejala kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Masalah kulit ini termasuk xanthelasma, plak lembut berisi kolesterol yang berkembang di bawah kulit, biasanya pada atau di sekitar bulu mata dan paling sering di dekat hidung.

Arcus senilis adalah setengah lingkaran abu-abu, putih, atau tumpukan kuning terbuat dari lemak dan kolesterol di tepi luar kornea, lapisan luar yang jelas di bagian depan mata. Xanthomas adalah lesi pada kulit yang mengandung kolesterol dan lemak. Ini adalah lesi yang menonjol seperti lilin dan sering berwarna kuning.

2. Masalah Pernapasan