Tanda Sil Karet Kepala Silinder Mulai Rusak, Wajib Diperhatikan Pemilik Mobil! : Wallpaperspeed Otomotif

TANDA sil karet kepala silinder mulai rusak. Pada mesin mobil diketahui terdapat sil karet yang berada di kepala silinder. Tak hanya ada di mesin, sil karet juga kerap ditemui di sela-sela pada roda.

Sil karet adalah sebuah benda yang dapat membantu atau mencegah terjadinya kebocoran cairan atau gas pada suatu permukaan yang disatukan.

Sil karet disebut juga oil seal mengingat fungsinya sebagai penghalang keluar masuknya oli sebab rubber seal atau karet seal pada mobil berguna sebagai penghalang kebocoran pelumas yaitu oli.

Keberadaan sil karet ini kerap kali diperhatikan saat ingin membeli mobil bekas.

Umumnya, orang akan melihat keberadaan sil karet dalam mobil rusak atau tidak, sebab jika rusak maka harus diganti baru. Lantas, bagaimana mengetahui tanda sil karet kepala silinder mulai rusak? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Tanda Sil Karet Kepala Silinder Mulai Rusak

Tanda paling jelas jika sil karet kepala silinder mulai rusak maka akan terlihat oli mesin yang rembes. Umumnya jika mobil sudah berumur, sil karet dapat rusak sebab dimakan umur pakai, atau digunakan sehari-hari.

Sebagaimana diketahui, karet dapat berubah bila terkena panas mesin secara terus menerus. Alhasil, mengakibatkan bahan karet lama-kelamaan akan mengeras dan getas.

Dengan begitu, tekanan oli mesin tidak dapat ditahan lagi oleh sil karet kepala silinder tersebut. Sehingga di bagian kepala silinder akan terlihat bercak oli mesin yang bocor.

ilustrasi

Jika sudah seperti itu, tak ada lagi solusi dan harus mengganti dengan yang baru. Namun, tak jarang ditemui pemilik mobil yang mengakalinya dengan cara diberi lem gasket.

Demikian tanda sil karet kepala silinder mulai rusak yang harus dicek secara berkala oleh pemilik mobil.