Waspadai, 5 Red Flags yang Sering Diabaikan Dalam Hubungan!

Suara.com – Jatuh cinta kadang membuat orang-orang menjadi buta dan ignorant. Karena merasa berada dalam hubungan yang penuh cinta, perasaan tidak nyaman yang kadang muncul dalam hubungan sering kali diabaikan. Padahal bisa jadi itu adalah bagian dari red flags.

Bahkan terkadang ada beberapa orang yang sudah mendapatkan red flags dalam hubungan mereka namun tetap saja diterabas. Hal ini bisa memberikan efek negatif bagi personal maupun hubungan. 

Dilansir dari situs bestlifeonline, ada lima red flags yang seringkali diabaikan dalam hubungan. Sebelum berlanjut dan menjadi lebih buruk, yuk, cek apa saja 5 red flags ini. Berikut rangkumannya.

1. Bersikap acuh demi mencari perhatian

Baca Juga:
4 Ciri-ciri Komunikasi Kamu dengan Pasangan Harus Diperbaiki

Sikap acuh untuk mencari perhatian ini bukanlah hal yang baik. Pemikiran bahwa ingin selalu ‘dikejar’ dan ‘dicari’ akan mengarah ke hubungan yang tidak sehat.

2. Tidak pernah bertengkar

Bila beberapa orang berpikir bahwa tidak pernah bertengkar adalah pertanda hubungan yang sehat, namun konselor kesehatan mental, Nicole Rainey menjelaskan sebaliknya. Menghindari konflik atau perselisihan bukan tanda hubungan yang sehat.

Rainey juga menekankan bila ketidaksetujuan adalah hal yang normal dalam hubungan. Pasangan juga perlu berlatih untuk mengelola emosi satu sama lain.

3. Terlalu Berfikiran positif

Baca Juga:
5 Keterampilan Dasar dalam Mengatasi Suatu Masalah, Kendalikan Amarah!

Ilustrasi berpikir (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi berpikir (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pikiran negatif soal pasangan memang sebaiknya dihindari, namun hal itu bukan berarti harus selalu berfikiran positif. Tidak baik untuk terus berfikir bahwa ‘pasangan saya tidak pernah melakukan ini itu’ karena tidak ada yang tau kebenarannya sampai pemikiran ini diutarakan.

Pasangan juga merupakan makhluk nyata yang bisa bersikap berbeda dari yang ada di pikiran. Bisa jadi yang dicintai adalah ‘pemikiran soal pasangan’ bukan pasangan yang seutuhnya.

4. Menyembunyikan Keraguan Dalam Hubungan

Rasa ragu dalam hubungan adalah hal yang wajar. Ini bisa berarti ragu terhadap pasangan ataupun keputusan yang diambil ataupun masa depan hubungan yang sedang dijalin.

Namun, hal ini akan menjadi masalah di kemudian hari bila diabaikan. Ada baiknya untuk saling mengutarakan keraguan dan merespon dengan penuh pengertian agar hubungan semakin kuat terjalin.

5. Tidak ada kontak mata

Hal sepele ini mungkin tidak disadari oleh banyak pasangan. Namun menurut psikolog David Helfand, kontak mata tindakan yang tidak bisa dihindari ketika memiliki kedekatan ataupun ketertarikan dengan orang lain.

Justru pasangan yang tidak melakukan kontak mata hal tersebut perlu dicurigai. Bisa jadi ada yang sedang disembunyikan baik oleh salah satu pihak ataupun keduanya. Padahal kontak mata juga efektif untuk merekatkan hubungan. Setidaknya diperlukan beberapa menit selama 2-5 hari untuk saling menatap satu sama lain.