Tekno  

HP Indonesia dan Kemendikbudristek Resmikan Inisiatif Transformasi Digital Pendidikan

Suara.com – HP Indonesia dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meresmikan Transformasi Pembelajaran Inovatif atau TPI HP di SDN Baru 01 Pagi, Cijantung, Jakarta Timur.

TPI adalah inisiatif pendidikan baru yang dicanangkan oleh HP untuk mendorong transformasi digital di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, Ini juga menjadi bagian dari kerangka transformasi pendidikan global yang jadi program unggulan HP.

Ruang transformasi pembelajaran inovatif yang dikembangkan HP Indonesia bersama Kemendikbudristek di SDN Baru 01 Pagi, Cijantung, Jakarta Timur. Diresmikan Kamis (23/6/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]
Ruang transformasi pembelajaran inovatif yang dikembangkan HP Indonesia bersama Kemendikbudristek di SDN Baru 01 Pagi, Cijantung, Jakarta Timur. Diresmikan Kamis (23/6/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]

“Kami bangga telah diberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Kemendikbudriset untuk menghadirkan TPI. Kami juga turut menyertakan rekan-rekan industri kami, Intel dan Google, dalam kolaborasi ini,” ujar Managing Director HP Indonesia, Fiona Lee, dalam konferensi pers di Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022).

Adapun isi ruang TPI HP ini mencakup beberapa laptop chromebook yang bisa dimanfaatkan para siswa untuk pembelajaran. Meja itu dibentuk secara melingkar dan berisi kira-kira 6-7 orang.

Baca Juga:
Percepat Transformasi, PBNU Gandeng Peruri Terapkan Layanan Digital Security

“Melalui kerangka kerja ini, kami memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan dan mentransformasi pendidikan pada sekolah-sekolah di seluruh dunia,” sambung dia.

Fiona melanjutkan, program ini selaras dengan Empat Prioritas Pendidikan oleh Kementerian di G20. Kerangka ini mendukung pihak sekolah dengan ilmu pembelajaran yang berorientasi pada murid dan project-based dalam rencana transformasi digital.

Pertama, TPI ini bisa membantu sekolah mengembangkan kerangka kerja dalam pengembangan visi dan kepemimpinan. Kedua, fasilitas itu memberdayakan para guru dengan teknologi dan kemampuan yang relevan.

Ketiga, memberikan ide-ide kreatif untuk meningkatkan produktivitas dan pembelajaran akademik murid. Lalu terakhir bisa membantu memilih sarana teknologi yang paling sesuai untuk menyelesaikan hal-hal yang dibutuhkan.

“TPi memanfaatkan teknologi untuk bekerja dengan cara yang relevan demi mendorong transformasi digital dan pola pikir,” papar dia.

Baca Juga:
Transformasi Digital Membuat UMKM Semakin Berkembang, Siap Tangkap Peluang Memasuki Endemi

Lebih lanjut Fiona mengatakan kalau HP Indonesia percaya bahwa satu ide satu ide bijak bisa mengubah dunia. Ia menilai pendidikan memiliki peran yang penting dalam mentransformasi pengembangan masyarakat dan komunitas.