How To Decorate A Studio Apartment Agar Terkesan Lebih Tertutup

how to decorate a studio apartment
how to decorate a studio apartment source pinterest.com

Apa yang ada di fikiranmu ketika mendengar kata apartemen tipe studio?

Sempit, pengap, jenuh, atau bikin malas tinggal?

Jika beberapa hal tersebut yang ada di fikiranmu sekarang, buanglah jauh-jauh.

Karena dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, apartemen studio yang terkesan sempit akan menjadi lebih atraktif.

Kuncinya hanyalah tentang how to decorate a studio apartment?

Terbatasnya ruangan apartemen tipe studio membuat siapapun yang menempatinya harus lebih cerdas lagi menata ruangan.

Tidak perlu menjadi seorang ahli desain interior.

Dengan sedikit ilmu tentang how to decorate a studio apartment berikut ini, kamu bisa menata apartemen kecil mungil menjadi hunian yang sangat nyaman.

 

  1. Penataan Pintu Kamar

Kamu pasti paham bahwa desain terbuka apartemen studio akan memberi kesempatan siapapun bisa melihat keseluruhan isinya saat pintu terbuka. Ini akan menjadi masalah tersendiri bagi kamu yang lebih menyukai hunian private. Tapi tidak masalah. Kamu tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan penyekat ruangan atau desain lainnya.

Gunakan penyekat ruangan untuk menutupi area mana saja yang tidak ingin terlihat dari luar saat pintu terbuka. Seperti menutup tempat tidur atau pantry kecil yang ada di dalamnya. Penyekat ruangan ini tidak harus permanen. Kamu bisa menggunakan penyekat ruangan non permanen seperti tirai dan lainnya.

  1. Penataan Furniture

Jika ditanya tentang how to decorate a studio apartment yang paling penting? Jawabannya adalah tata letak furniture dalam apartemen. Konsep terbuka pada tipe studio ini mengharuskan penghuninya untuk bisa mengatur tata letak agar tidak terlalu berputar-putar pada ruangan yang sempit.

Kamu bisa meletakkan meja makan kecil tepat di depan pantry. Ini akan mempermudah ketika harus meletakkan makanan setelah memasak. Begitu pula jika ingin mendapat privasi pada tempat tidur. Kamu bisa meletakkan bad pada ujung paling dalam apartemen. Karena jika di dekat pintu masuk, privasi tidurmu akan terganggu.

Untuk bisa menata dengan sebaik mungkin, kamu bisa mencoba membuat sketsanya terlebih dahulu. Sesuaikan sketsa dengan luas ruangan agar masih ada kesan terlihat lapang.

  1. Perhatikan Pewarnaan Ruangan

Lagi-lagi selalu masalah pewarnaan ruangan. Mengapa dalam pertanyaan tentang how to decorate a studio apartment warna selalu terlihat sangat penting? Karena warna ruangan juga yang akan memberi kesan apakah ruangan tersebut terlihat sempit atau luas.

Memilih warna ruangan dengan warna cerah akan memberi kesan lapang dan luas. Maka tak heran jika banyak pemilik apartemen tipe studio yang lebih memilih menggunakan warna putih, krem, atau biru muda dibanding dengan warna yang cenderung gelap. Karena warna gelap akan memberi kesan lebih sempit dan kurang lapang.

  1. Penggunaan Partisi

Apartemen tipe studio memang didesain tanpa penyekat. Tapi tidak ada salahnya jika kamu menggunakan partisi saat akan menyekat satu bagian dengan bagian lain. Misalnya tempat tidur dengan ruang tamu. Kamu bisa gunakan partisi multifungsi seperti rak buku. Selain bisa digunakan sebagai penyekat ruangan, partisi ini juga bisa digunakan untuk menyimpan buku bacaan favoritmu.

  1. Tidak Ada Salahnya Memiliki Private Room

Lalu how to decorate a studio apartment jika masih menginginkan memiliki private room? Jawabannya adalah tentu tetap bisa.

Contoh saja private room untuk tempat tidur.

Kamu bisa menggunakan tirai yang bisa dibuka tutup sesuai dengan keperluan.

Dengan tirai buka tutup ini memungkinkan penghuninya tetap bisa menikmati tidur yang nyaman tanpa mengurangi area lainnya untuk membuat penyekat secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.