Tak Perlu Ragu, Ini Sejumlah Tips agar Lebih Bersemangat Mendalami Yoga

loading…

Kendati memiliki sederet manfaat kesehatan jasmani dan rohani, namun tak sedikit orang yang mungkin masih ragu untuk mulai mendalami olahraga yoga. / Foto: ilustrasi/heart.org

JAKARTA – Yoga banyak dikenal sebagai olahraga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya kesehatan tubuh atau fisik, namun juga kesehatan jiwa.

Di samping membuat tubuh jadi lebih fit, fleksibel, dan kuat, rutin melakukan yoga juga diketahui bermanfaat untuk membuat bisa lebih fokus, meningkatkan konsentrasi, lebih tenang, lebih bisa mengendalikan emosi, bahkan sampai manfaat untuk spiritual diri.

Kendati memiliki sederet manfaat kesehatan jasmani dan rohani, namun tak sedikit orang yang mungkin masih ragu untuk mulai mendalami olahraga yoga.

Baca juga: Deera Dewi Sebut Yoga Bermanfaat Membantu Melatih Fokus dan Spiritual

Nah, buat Anda yang mungkin masih ragu untuk mencoba atau hendak mendalami yoga, ada beberapa tips dari yoga expert, Deera Dewi yang mungkin bisa dicoba.

Sebagai master yoga yang sudah berkecimpung selama lebih dari 20 tahun, Deera menyarankan hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan diri memang benar-benar ingin mendalami olahraga yoga.

“Awali dengan niat, harus punya doa dan nanti semesta alam akan merespons kita ke sana,” kata Deera dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Merawat Ketenangan Emosi Melalui Yoga di kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/5/2022).

Niat dan tekad kuat saja tentu tak cukup, karena harus dibarengi dengan usaha yang dilakukan secara konsisten.

“Kalau mau jadi guru yoga misalnya, ya rajin latihan yoga, lalu ambil training. Persistent, jangan mau yang ini tapi mengerjakan yang lain. Rajin latihan karena harus menyatu energinya di situ,” terangnya.

Tips terakhir, Deera menyebutkan orang yang ingin berlatih dan mendalami yoga, harus bisa membuka diri.

Baca juga: Selain Menyehatkan Fisik, Yoga Juga Dapat Berikan Kebahagiaan

“Terakhir itu enjoy the process, hasilnya sudah ada yang mengatur. Kita harus membuka diri, harus dilatih. Yoga itu mengajarkan banget kita untuk bisa menerima dengan ikhlas. Niatin, usaha, dan pasrah ke Tuhan,” pungkasnya.

(nug)