Wajib Dipahami untuk Menanggulangi Potensi Kendala Mesin di Kendaraan

Suara.com – Pemilik mobil tentu harus paham tanda-tanda apa saja yang tersaji di bagian dashboard atau bagian lain. Sederet arti lampu indikator secara ideal wajib dipahami, sehingga ketika terjadi permasalah, pemilik bisa melakukan identifikasi dengan cepat dan menyervis mobil yang dimilikinya.

Tapi dari sekian banyak indikator yang ada, sebenarnya ada beberapa indikator yang terbilang lebih penting dipahami karena merupakan tanda yang krusial. Mak dari itu, agar Anda lebih memahami arti lampu indikator pada mobil tersebut, penjelasannya bisa Anda simak di sini.

Ilustrasi Dasbor Mobil. (Pexels)
Ilustrasi Dasbor Mobil. (Pexels)

1. Indikator temperatur

Lampu indikator temperatur wajib dipahami dengan baik, karena akan menandakan ketika mesin terlalu panas. Pada kondisi ideal, lampu ini tidak akan menyala karena sistem pendingin berfungsi baik. Lampu indikator ini akan menyala, dan bisa menjadi tanda sistem pendingin mesin rusak.

Baca Juga:
Kembali ke Pasar Eropa, General Motors Bawa Mobil Listrik?

2. Indikator tekanan oli

Jika lampu ini menyala, mesin kendaraan sedang dalam keadaan kekurangan oli. Maka dari itu, Anda wajib segera ke bengkel atau mengisi oli kembali agar mesin tetap terjaga.

3. Indikator check engine

Selanjutnya adalah lampu indikator check engine. Ketika lampu ini menyala artinya ada kendala di bagian dapur pacu mobil Anda. Mulai dari penutup bensin kurang rapat, komponen mesin rusak, dan sebagainya. Serupa dengan indikator lain, baiknya segera kunjungi bengkel.

4. Indikator tekanan ban

Baca Juga:
Ini Tips Bedakan Oli Asli dan Palsu dari Honda

Memang tidak dimiliki setiap mobil, namun jika mobil Anda memiliki indikator ini dan menyala, artinya kondisi ban kekurangan tekanan. Segera stabilkan tekanan ban, dan kembalikan performa mobil Anda.

5. Indikator bensin

Jelas, saat indikator lampu ini menyala maka kendaraan Anda mulai kehabisan bensin. Idealnya, indikator ini akan menyala ketika kondisi bensin di dalam tangki tinggal seperdelapan kapasitasnya.

6. Indikator aki

Indikator ini bisa menandakan masalah pada bagian aki. Mulai dari usia penggunaan yang sudah mencapai batas, pemasangan tidak pas, atau masalah lainnya.

7. Indikator sabuk pengaman

Hampir pada setiap mobil modern, indikator ini akan tampil di bagian dashboard. Ketika lampu indikator ini menyala, maka artinya ada sabuk pengaman yang belum terpasang pada bagian dalam kendaraan Anda.

8. Indikator pintu

Ketika indikator ini menyala artinya ada satu bagian pintu yang tidak tertutup rapat. Pastikan semua pintu tertutup rapat. Jika masih menyala, artinya masalah terdeteksi pada bagian tersebut.

9. Indikator ABS

Pengereman canggih ABS dimiliki cukup banyak mobil. Maka terdapat pula indikator yang menyala pada bagian dashboard jika sistem pengereman ini bermasalah. Saat menyala, pastikan Anda segera mendatangi bengkel.

Itu tadi sederet arti lampu indikator pada mobil yang wajib dipahami. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas!