Ingin Wallpaper Tahan Lama? Begini Cara Merawatnya

agera wallpaper
agera wallpaper image source pinterest.com

Apapun jenis wallpaper yang digunakan atau tema wallpaper yang dipilih, mulai dari agera wallpaper atau lainnya,

Anda tetap harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik agar dapat bertahan lebih lama hingga 10 tahun. Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini!

 

agera wallpaper
agera wallpaper image source walpaperlist.ca

Cara Merawat Wallpaper Dinding Berbagai Jenis Bahan

 

Seperti yang kita semua tahu, wallpaper itu ada banyak jenis bahannya, mulai dari kertas, kain, vinyl hingga fiber. Tentunya beda bahan, beda cara merawatnya.

 

 

Berikut ini beberapa cara merawat wallpaper dengan jenis-jenis bahan tertentu yang harus Anda tahu!

 

  1. Bahan Kertas

 

Bahan kertas merupakan jenis wallpaper yang paling banyak digunakan, baik itu bertema agera wallpaper atau lainnya. Khusus untuk wallpaper berbahan kertas, perawatannya harus dilakukan dengan jauh lebih berhati-hati, karena kertas biasanya cukup rapuh, dan mudah robek.

 

Jika Anda menggunakan wallpaper berbahan kertas, maka rajinlah untuk membersihkan bagian permukaanya menggunakan lap kering. Khusus tempat yang tinggi, Anda bisa pakai sapu yang dibalut dengan kain bekas atau sejenisnya.

 

  1. Bahan Vinyl

 

Berbeda bahan kerta, beda pula bahan vinyl yang pembersihan permukaannya harus menggunakan air hangat dan sabun khusus. Wallpaper berbahan ini bisa dicuci menggunakan air panas dan sabung ringan, kemudian dilap menggunakan kain kapan atau spons lembut.

 

Kabar baiknya, wallpaper berbahan vinyl ini punya lapisan akrilik di bagian atas permukaan, sehingga akan sangat tahan dengan noda minyak, suhu yang lembab dan masih banyak lagi. Dengan begitu akan lebih mudah saat dibersihkan. Ketika membersihkan, Anda disarankan tidak menggunakan alat pembersih yang sifatnya abrasif, seperti spons yang kasar atau batu apung, karena bahan itu akan merusak lapisan wallpaper vinyl.

 

Saat membersihkan wallpaper bahan vinyl, Anda harus melakukannya secara perlahan dan super hati-hati, karena jika tidak akan memberikan efek yang tidak baik. Ingat, harga wallpaper vinyl itu tidak murah dan mahal sekali.

 

  1. Serat anyaman

 

Kemudian ada bahan serat anyaman untuk agera wallpaper yang bisa dikatakan sangat sulit untuk merawatnya. Sebab, wallpaper jenis ini punya celah-celah kecil yang sangat mudah dimasuki debu. Itu sebabnya, ketika Anda memilih menggunakan wallpaper bahan ini, harus sering-sering membersihkan celanya, yang sebaiknya dibersihkan menggunakan lap yang lembut.

 

  1. Bahan kain

 

Ketika Anda memilih wallpaper berbahan kain untuk ruangan, maka cara merawatnya pun harus seperti saat membersihkan sofa atau karpet, yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun Anda juga bisa menggunakan sikat saat membersihkannya, agar noda yang sulit terangkat bisa teratasi dengan baik.

 

Kemudian, Anda bisa menambahkan sedikit air hangat supaya kotoran yang menempel mudah terangkat. Jika noda masih membandel atau mungkin karena noda itu mengandung minyak, Anda bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun supaya tidak merusak bagian permukaan wallpaper kain ruangan Anda, dan serat-seratnya menjadi tercabut. Ingat, ketika memilih sikat sebaiknya memilih yang halus.

 

Sekarang, Anda sudah bagaimana caranya untuk merawat wallpaper dari berbagai jenis kain yang ditempel untuk memperindah ruangan Anda, baik itu ruang tamu, kamar dan lain sebagainya. Cobalah untuk merawatnya dengan baik supaya Anda tidak harus menggantinya dalam waktu sekejap.

 

Ingat, apapun jenis wallpaper yang dipilih, baik itu kertas, kain hingga yang tahan lama sekalipun, tetap tidak akan tahan lama ketika cara perawatannya tidak baik. Untuk itu, rawatlah dengan baik supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang baik dan tahan lama juga. Terlepas apapun tema wallpaper yang dipilih, baik itu agera wallpaper dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.