Teryata Ini Kelebihan Sepeda Listrik Seperti Harley Davidson Electric Bike

  • Share
Harley Davidson Electric Bike
Harley Davidson Electric Bike image source cerpenindoe.blogspot.com

 

Munculnya wacana penggunaan kendaraan bertenaga listrik membuat para produsen kendaraan berlomba mewujudkan wacana ini. Termasuk juga produsen kendaraan ternama Harley Davidson.

Sebagai wujud kecintaan Harley pada lingkungan dan isu polusi, maka diciptakanlah sepeda listrik yang diberi nama Harley Davidson Electric Bike.

Sebagaimana kendaraan berbasis listrik lainnya, sepeda ini didesain untuk lebih mudah dikendarai sekaligus ramah pada lingkungan.

Harley Davidson Electric Bike
Harley Davidson Electric Bike image source cnet.eu

Seperti namanya, definisi sepeda listrik adalah sepeda yang digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik. Sehingga pengguna tidak perlu lelah untuk mengayuhnya. Selain itu, apa keuntungan lain menggunakan harley davidson electric bike? Berikut informasi selengkapnya :

  1. Tidak Terlalu Lelah Saat di Jalan

Perbedaan yang mencolok antara seperda konvensional dengan sepeda biasa adalah pada saat mengendarainya. Jika sepeda biasa kamu harus mengayuhnya dengan tenaga, berbeda halnya dengan harley davidson electric bike atau sepeda listrik lainnya. Kamu hanya perlu menekan gas agar sepeda listrik bisa melaju dengan nyaman.

Tapi perlu diketahui. Sepeda listrik tetap ada fasilitas kayuh. Fasilitas ini diberikan untuk mengantisipasi jika di tengah perjalanan energi listrik habis. Pengguna masih bisa menggunakan kayuh agar sepeda bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Aman digunakan

Meski menggunakan tenaga listrik, tapi harley davidson electric bike atau sepeda listrik lainnya tetap aman digunakan. Termasuk saat kamu harus melewati jalan berbukit yang menanjak maupun berkelok-kelok. Pasalnya, tenaga sepeda ini telah dilengkapi dengan akselerasi yang cukup cepat dan mumpuni. Sehingga akan menghindarkanmu dari kecelakaan saat di jalan.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Sudah pasti sepeda listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor berbahan bakar minyak. Karena sepeda listrik tidak meninggalkan asap polusi yang bisa mencemari lingkungan. Dengan kecanggihan, kecepatan dan kemudahan yang tidak besa dengan sepeda motor, sepeda listrik jauh lebih bisa menjadi pilihan karena tidak menimbulkan gas emisi yang bisa mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan di sekitarnya.

  1. Lebih Mudah Untuk Isi Ulang Tenaga

Untuk bisa mengisi ulang sepeda listrik tidak perlu jauh-jauh mencari stasiun pengisian bahan bakar. Karena kamu bisa mengisi baterainya di rumah. Hanya menyambungkan alat charger dengan stop kontak yang ada di rumah. Jelas ini akan menghemat tenaga, waktu dan biaya.

Asal kamu tahu saja. Dalam sekali charge, sepeda listrik mampu menempuh jarak 40 hingga 50 kilometer. Ini lebih dari cukup untuk kamu gunakan perjalanan pulang pergi dari sekolah ke rumah setiap harinya. Jelas sebuah pilihan yang hemat sekaligus sehat.

  1. Lebih Mudah Dalam Hal Perawatan

Sama-sama memiliki kemudahan layaknya sepeda motor, harley davidson electric bike atau sepeda listrik lainnya lebih mudah dalam hal perawatan. Bahkan untuk beberapa perawatan ringan seperti mengganti baterai bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ini akan turut menghemat biaya dibandingkan menggunakan sepeda motor pada umumnya.

Demikian beberapa kelebihan sepeda listrik dibandingkan motor berbahan bakar minyak pada umumnya. Meski memiliki banyak kelebihan, ternyata sepeda listrik juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bengkel perbaikan.

Di Indonesia sendiri sepeda listrik belum terlalu familiar. Sehingga belum ada bengkel resminya. Jikalaupun ada biasanya hanya ada di kota-kota besar. Belum merambah hingga kota kecil bahkan pedesaan.

Tapi mungkin seiring berjalannya waktu, pengguna sepeda listrik juga semakin banyak. Mungkin akan bermunculan bengkel yang khusus menangani kerusakan sepeda listrik. Terutama jika dibutuhkan penggantian suku cadang. Untuk sekarang, jika diminta memilih motor BBM atau sepeda listrik, kamu akan memilih yang mana?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.