Tips Aman Bagi Pemula Kendarai Harley Davidson Sportster

Harley Davidson Sportster
Harley Davidson Sportster image source oto.com

Mengendarai moge alias motor gedhe bukanlah hal yang mudah.

Terutama bagi pemuka. Terlebih lagi jika mogenya sekelas Harley Davidson Sportster.

Tetap diperlukan keahlian khusus agar bisa menyeimbangkan diri berkendara di jalan raya menggunakan motor gedhe ini.

Harley Davidson Sportster
Harley Davidson Sportster image source louis.eu

Tidak menguasai motor motor gedhe di jalan tidak hanya akan merugikan orang lain. Tapi juga merugikan diri sendiri. Agar tidak terjadi hal demikian, berikut beberapa tips aman mengendarai Harley Davidson Sportster ataupun motor gedhe lainnya bagi pemula.

  1. Perhatikan Tarikan Gas Motor

Perlu diketahui bahwa tarikan moge Harley Davidson Sportster lebih kencang dan bertenaga dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Jika kamu termasuk pengguna pemula, jangan terlalu kencang saat menarik gas. Karena akan menyebabkan laju kendaraan yang terlalu liar. Tariknya perlahan terlebih dahulu. Ketika sudah merasa menguasai laju kendaraan, kamu bisa meningkatkan tarikan gas hingga level yang lebih stabil.

  1. Seimbangkan Tubuh Saat Mengendarainya

Kamu pasti sudah paham bahwa moge memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan motor lainnya. Akan menjadi masalah tersendiri jika tubuhmu terlalu kecil. Karena tidak bisa menjaga keseimbangan saat motor sedang melaju. Jangan terburu-buru mengendarainya. Adaptasikan tubuh dengan beratnya motor. Karena jika tubuhmu tidak mampu menopang berat motor, resiko terjadi kecelakaan akan lebih besar.

  1. Menggunakan Standar Samping

Jika tubuhmu terlalu kecil, masalah pertama yang akan muncul adalah kesulitan saat akan menaiki Harley Davidson Sportster. Tapi masalah ini bisa diselesaikan dengan menggunakan standar samping. Pasang standar samping terlebih dahulu sebelum kamu menaikinya. Standar samping ini akan membantu menopang beratnya kendaraan. Sehingga kamu akan merasa lebih mudah menyeimbangkan tubuh dengan beratnya motor gedhe tersebut.

  1. Gunakan Rem Secara Tepat

Salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan adalah rem. Termasuk juga kendaraan dengan jenis motor gedhe. Rem akan membantu mengurangi laju kendaraan jika tiba-tiba kendaraan akan menabrak sesuatu. Pandai-pandailan dalam menggunakan rem kendaraan ini. Apalagi untuk kendaraan besar seperti moge. Karena gas yang besar akan membuat laju moge lebih liar dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

Jika baru pertama menggunakan moge seperti ini, terlebih dahulu kenali bagaimana karakteriatis pada tuas rem kendaraan. Berapa jarak aman melakukan pengereman. Agar kamu tahu pada jarak berapa kamu harus melakukan pengereman hingga tidak terkesan mendadak.

Jangan langsung membawa berkendara motor ini di jalan raya yang penuh dengan kendaraan. Pelajari karakteristiknya di jalan yang tidak banyak kendaraan. Ini akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena kamu tidak terlalu mengenali karakteristis motor tersebut.

  1. Memastikan Posisi Tubuh Selalu Tegak

Kebanyakan mereka yang pemula mengendarai Harley Davidson Sportster cenderung mengendarai motor dengan cara membungkuk. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki poster tubuh mungil. Ini memang tidak salah. Tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Cara mengendarai motor yang baik adalah dengan cara duduk tegak. Tempelkan paha pada tangki. Posisi ini akan membantu menyeimbangkan tubuh dengan motor. Selain itu, posisi tegak juga akan mengurangi rasa lelah karena mengendarai motor dengan berat yang tidak kecil.

Itulah cara aman mengendarai motor gedhe di jalan bagi pemula dengan aman. Selain 5 tips di atas, patuhi juga segala peraturan berkendara di jalan raya. Karena tidak ada bedanya antara pengguna motor gedhe dengan motor lain di jalan raya terkait undang-undang berkendara. Karena dengan berkendara yang aman dan nyaman akan turut mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.