7 Bahan Jenis Action Wallpapers yang Bisa Dipilih untuk Memperindah Ruangan

action wallpapers
action wallpapers image source pinterest.com

Apakah Anda selama ini tahu kalau wallpaper itu banyak jenisnya dan bukan hanya satu jenis saja?

Apapun tema wallpaper yang dipilih, baik itu action wallpapers atau lainnya, Anda harus tahu bahwa jenis bahannya ternyata

action wallpapers
action wallpapers image source highreshdwalpapers.com

ada banyak? Jika belum tahu, simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

 

Jenis-bahan Wallpaper untuk Ruangan

 

  1. Kertas

 

Jenis bahan action wallpapers pertama yaitu kertas, dan sangat banyak digunakan untuk wallpaper dinding, karena memiliki banyak jenis dan motif sehingga bisa disesuaikan dengan selera. Kelebihan dari jenis bahan ini yaitu bisa disesuaikan dengan desain interior dan eksterior dari ruangan Anda.

Wallpaper kertas pun masih terbagi ke dalam beberapa jenis lagi, yaitu jenis kertas yang tidak terlalu tebal, kemudian ada yang sangat tebal. Harga keduanya pasti berbeda, karena pasti berbeda ketahanan.

  1. Kain

 

Jenis bahan wallpaper berikutnya yaitu kertas yang dibuat menggunakan serat kait, biasanya lebih awet dan tahan lama ketika dipasangkan ke dinding. Wallpaper jenis ini juga bisa dicuci sampai bersih. Kekurangannya yaitu sangat terbatas dalam hal motif dan desain, karena tidak mudah untuk mencetak serat menjadi suatu bentuk. Pemasangannya juga membutuhkan lem khusus, dan sangat mudah terbakar panas atau api.

 

  1. Vinyl

 

Jenis bahan action wallpapers berikutnya adalah vinyl atau yang biasa disebut serat plastik. Jenis ini banyak dipakai dan diproduksi, cukup tahan lama dan tidak sulit dibersihkannya. Jika ada noda, Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan air atau sejenis cairan pembersih. Wallpaper jenis ini tidak kotor atau berjamur sekalipun dinding rumah Anda bocor.

 

Kekurangan dari wallpaper ini yaitu tidak ada banyak motif yang bisa dipilih dan sangat terbatas. Memasangnya juga sangat membutuhkan teknis khusus supaya bisa menempel dengan sempurna.

 

  1. Serat Alami

 

Berikutnya adalah serat alami, yang memiliki kekuatan dan ketahanan cukup baik seperti bambu. Biasanya, wallpaper jenis ini akan lebih memberikan kesan etnik, karena bambu yang digunakan akan lebih membuat ruangan jadi terkesan lebih klasik, dan akan sangat cocok untuk Anda yang ingin berelaksasi atau bekerja. Ingat, sebelum Anda menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, karena serta alami tidak mudah untuk didapatkan, sehingga ketika mengalami kerusakan, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak murah.

 

  1. Foil

 

Jenis bahan action wallpapers lainnya adalah foil, yang kini sudah cukup banyak dipakai karena efek kilap yang dimilikinya. Terbuat dari bahan logam tipis, jenis wallpaper ini sangat pas untuk dipasang di ruangan yang menjadi tempat santai atau bekerja. Jenis wallpaper berbahan foil sangat tahan terhadap air, suhu, dan kotor sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

 

  1. Cair

 

Siapa bilang bahan wallpaper hanya solid? Tentu saja tidak, wallpaper ada yang terbuat dari bahan cair. Bahan ini pun bisa disesuaikan dengan segala bentuk dinding, dan cara untuk penempelannya yaitu dicarikan lebih dulu kemudian disapukan ke dinding. Warnanya juga bisa menyesuaikan dengan kreativitas Anda ketika melakukan pemasangan. Untuk bisa menikmati hasil pemasangannya, Anda harus menunggu setidaknya satu hari satu malam.

 

  1. Fiber Glass

 

Wallpaper berbahan fiber glass juga banyak dipakai karena kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, ketahanannya dari panas juga menjadi keunggulan lainnya. Terbuat dari serat kaca yang kuat, wallpaper ini mudah untuk dibersihkannya. Kelebihan lainnya yaitu tahan terhadap jamur dan keretakan walaupun dipasang di dinding yang lembab. Hanya, motif dan desainnya sangat terbatas.

Itulah beberapa jenis bahan action wallpapers yang harus diketahui. Anda bisa mempertimbangkan jenis mana yang ingin dipasangan di ruangan untuk memperindah dan lebih memberikan kesan estetik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.